Tujuan penelitian ini mengaplikasikan nilai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa lebih dari itu juga ingin di ketahui sejauhmana tingkat aplikasi nilai-niai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa. Guna mencapai tujuan diatas, dipakai dua pendekatan teoritis dengan melakukan kajian-kajian pustaka (library research). Dengan pendekatan teoritis ini dimaksudkan untuk memberikan kerangka teori tentang konsepsi dan penerapan nlai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Adapun pendekatan kedua adalah, pendekatan empiris yaitu menggunakan studi lapangan (field research) melalui pendekatan ini dapat di ketahui secara langsung penerapan nilai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Kurikulum merupakan bagian penting dari proses pendidikan, didalamnya memuat unsur kegiatan yakni, instrakurikuler dan ekstrakurkuler yang apabila kegiatan tersebut dilaksanakan kreativitas belajar siswa akan meningkat. Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut senantiasa diberi penilaian oleh guru, kemudian digabungkan dengan nilai tes sumatif, maka apabila kegiatan tersebut nilainya baik, sudah barang tentu kreativitas belajar siswa akan baik demikian pula sebaliknya apabila kegiatan tersebut nilainya jelek, kreativitas belajar siswa juga jelek. Permasalahan yang diangkat penulis disini adalah sampai dimana tingkat aplikasi nilai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Kata Kunci : Aplikasi Nilai-Nilai Dasar PAI, Pendekatan Normatif, Kreativitas Belajar Siswa
Copyrights © 2020