cover
Contact Name
Ridha Fadila Putri
Contact Email
ridhafadila61@gmail.com
Phone
+6282285329559
Journal Mail Official
stit.q@stit-alquraniyah.ac.id
Editorial Address
Jl. Affan Bachsin No.13 Manna Bengkulu Selatan 38518 Telp.(0739) 21689
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
ISSN : 24601292     EISSN : 27462773     DOI : Prefix by Crossref
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Islamic Education, Education Policy, Learning Strategy, Management Education, Islamic Economic as well as the examination of contemporary issues in the field Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 144 Documents
Konsep Etika Pelajar (Studi Komparasi Kh. Hasyim Asy’ari dan Umar bin Ahmad Baraja) Ahmad Alfi Ridlo; Nur Ali; Abdul Khamid
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Publisher : STIT Al-Quraniyah Manna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.913 KB) | DOI: 10.69775/jpia.v1i1.1

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana relevansi pemikiran KH. Hāsyim Asy ̒ari dan relevansi pemikiran ‘Umar bin Aḥmad Bārajā’ tentang konsep etika pelajar dalam konteks kekinian dan untuk mengetahui bagaimana persamaan dan perbedaaan pemikiran KH. Hāsyim Asy ̒ari dan ‘Umar bin Aḥmad Bārajā’ tentang etika pelajar. Jenis penelitian ini adalah Library Research atau sering juga disebut studi pustaka, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan jalan mengumpulkan data-data yang didapat dari sumber kepustakaan berupa buku, jurnal ilmiah serta dokumen-dokumen lain, sehingga dari padanya diperoleh informasi yang jelas mengenai konsep etika pelajar perspektif KH. Hāsyim Asy ̒ari dan ‘Umar bin Aḥmad Bārajā’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika pelajar menurut kedua tokoh tersebut dapat diklasifikasikan menjadi empat bagian yaitu: etika pelajar dalam belajar; etika pelajar terhadap guru; etika pelajar terhadap peralatan belajar; dan etika pelajar terhadap teman. Persamaan keduanya tentang etika pelajar yaitu: memberi salam kepada teman ketika dalam majlis ilmu; berperilaku penuh adab ketika dengan guru; hendaknya selalu mempelajari pelajarannya kembali; hendaknya berbicara dengan penuh adab kepada gurunya; hendaknya mendengarkan guru dengan seksama; hendaknya bersabar atas kekasaran atau hukuman dari guru; hendaknya membantu dengan memotivasi temannya untuk mendapatkan ilmu; membantu teman jika membutuhkan bantuan; tidak boleh sombong di hadapan teman; harus memuliakan teman dengan bicara dengan lemah lembut. Kata Kunci: Etika, Pelajar, KH. Hāsyim Asy ̒ari, ‘Umar bin Aḥmad Bārajā’
Aplikasi Nilai – Nilai Dasar Pendidikan Agama Islam Terhadap Kreatifitas Belajar Siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Miftahul Huda
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Publisher : STIT Al-Quraniyah Manna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.711 KB) | DOI: 10.69775/jpia.v1i1.2

Abstract

Tujuan penelitian ini mengaplikasikan nilai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa lebih dari itu juga ingin di ketahui sejauhmana tingkat aplikasi nilai-niai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa. Guna mencapai tujuan diatas, dipakai dua pendekatan teoritis dengan melakukan kajian-kajian pustaka (library research). Dengan pendekatan teoritis ini dimaksudkan untuk memberikan kerangka teori tentang konsepsi dan penerapan nlai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Adapun pendekatan kedua adalah, pendekatan empiris yaitu menggunakan studi lapangan (field research) melalui pendekatan ini dapat di ketahui secara langsung penerapan nilai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Kurikulum merupakan bagian penting dari proses pendidikan, didalamnya memuat unsur kegiatan yakni, instrakurikuler dan ekstrakurkuler yang apabila kegiatan tersebut dilaksanakan kreativitas belajar siswa akan meningkat. Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut senantiasa diberi penilaian oleh guru, kemudian digabungkan dengan nilai tes sumatif, maka apabila kegiatan tersebut nilainya baik, sudah barang tentu kreativitas belajar siswa akan baik demikian pula sebaliknya apabila kegiatan tersebut nilainya jelek, kreativitas belajar siswa juga jelek. Permasalahan yang diangkat penulis disini adalah sampai dimana tingkat aplikasi nilai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Kata Kunci : Aplikasi Nilai-Nilai Dasar PAI, Pendekatan Normatif, Kreativitas Belajar Siswa
Membangun Kompetensi High Order Thinking Skills Melalui Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Metro Hanifiyah, Rissalah; Heri Cahyono; Yusuf Faisal Ali
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Publisher : STIT Al-Quraniyah Manna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.978 KB) | DOI: 10.69775/jpia.v1i1.4

Abstract

Mudahnya akses informasi bagi masyarakat membuka pemikiran baru, jika dipahami secara seksama akan menimbulkan konflik, banyaknya persoalan tentang penerapan hukum syariat Islam menjadi polemik besar yang harus diperhatikan untuk memecahkan permasalahan, salah satunya dengan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas pembelajara Pendidikan Agama Islam dalam membangun kompetensi High Order Thinking Skills, mengetahui kompetensi High Order Thinking Skills, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam proses aktivitas pembelajaran (PAI) dalam membangun kompetensi High Order Thinking Skills.Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentaasi, mengggunakan teknik analisis data SWOT. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas pembelajaran (PAI) di SMP Negeri 1 Metro sudah mewujudkan kompetensi High Order Thinking Skilss ditandai dengan adanya hasil belajar peserta didik yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti akhlak, ibadah, dan muamalah. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa membangun kompetensi High Order Thinking Skills pada peserta didik, seorang guru harus memiliki kompetensi seperti pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, membangun kompetensi High Order Thinking Skills memiliki faktor penghambat dan pendukung, faktor pendukung seperti sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya adalah alokasi waktu pembelajaran (PAI) yang dianggap masih kurang oleh pendidik dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran (PAI). Kata Kunci : Kompetensi HOTS, Aktivitas, Pendidikan Agama Islam (PAI).
Hubungan Intensitas Komunikasi, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Musamus) Ruata, Nolvy; Wicaksono, Helmi
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Publisher : STIT Al-Quraniyah Manna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.04 KB) | DOI: 10.69775/jpia.v1i1.5

Abstract

Pendidikan merupakan gerbang menuju masyarakat intelektual yang berkompentsi. Dalam proses pendidikan, komunikasi memiliki peran yang cukup penting guna memotivasi dan mentranfer ilmu pengetahuan dari pendidik ke peserta didik yang pada akhirnya berdampak pada prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa di Lingkungan Universitas Musamus. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Musamus (Unmus) Merauke. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang terdaftar aktif pada tahun akademin 2016/2017 semester genap, jumlah sampel dalam penelitian ini 80 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Sampling insidental adalah tehnik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu mahasiswa yang secara kebetulan ditemu oleh peneiti pada periode pengumpulan data yakni Januasi s/d Februari 2017. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (2) Motivasi belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (3) Intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi belajar mahasiswa. (4) Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,462 atau 46,2%, menunjukkan bahwa variabel intensitas komunikasi dan motivasi belajar dapat menjelaskan 46,2% terhadap variabel prestasi belajar. Sedangkan sisanya sebesar 0,538 atau 53,8%, dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diikut sertakan dalam model penelitian ini. Kata Kunci: Intensitas Komunikasi, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.
Implementasi Metode Pembelajaran dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Muhammadiyah At-Tanwir Metro Nodityas; Mirwan M, Muhammad; Aisyah Khumairo
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Publisher : STIT Al-Quraniyah Manna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.634 KB) | DOI: 10.69775/jpia.v1i1.6

Abstract

Pondok Pesantren Muhammadiyah At-Tanwir Metro memiliki program hafalan yang menarik, yakni dengan menghafal setiap ayat dengan lancer, barulah menambah ayat berikutnya sampai mencapai satu halaman secara penuh, setelah lancar barulah disetorkan kepada ustad /usadzah selaku musrifah atau musrif masing-masing halaqoh. Setelah mencapai satu juz santri diwajibkan memuroja’ah dan menyetorkan satu juz yang telah dihafalnya sekali duduk , jika tidak mampu diperbolehkan setoran per ½ juz atau lima lembar barulah setoran satu juz utuh.Dan jika tidak mampu , maka satu juz dibagi menjadi 4 menjadi ¼ dan barulah menyetorkan satu juz utuh, jika proses setoran juziyah sudah dilakukan barulah diperbolehkan juz berikutnya. Tujuan penelitian yang ingin penulis capai dalam penulisan ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Metode yang digunakan dalam Pembelajaran Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir Metro.(2) Untuk mengetahui Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir Metro.Jenis penelitian ini merupakan penelitian Studi kasus (Case Study). Peneliti menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses atau sekelompok individu. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian mununjukan bahwa: (1) Metode menghafal Al-Qur’an yang digunakan oleh Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir adalah metode wahdah (2) Impementasi dari metode yang digunakan sesuai dengan pedoman dalam menghafal Al-Qur’an, Namun demikian hasil yang didapat belum semua mahasantri sesuai target dikarenakan Lemahnya tekad, Salah dalam niat, Tidak kuat otaknya, Tujuan menghafal yang tidak ada, Belum bisa membagi waktu antara kuliah UM Metro/ IAIN Jurai Siwo dan menghafal. Berdasarkan teori yang dipaparkan di atas maka dapat disimpulkan bahwa:Dalam melaksanakan proses pembelajaran Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir Metro telah mengacu pada visi dan misi Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir Metro dan persiapan pembelajaran Tahfidz Al-qu’an atau menghafal Al-qur’an yang dilakukan oleh para pengajar di Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir sudah tepat guna. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an, Metode.
Analisis Perkembangan Agama Dan Moral Siswa Dari Keluarga TKI Di SDN Sri Rejosari Kecamatan Way Jepara Lampung Timur Lia Qurotul Aini; Meiwatizal Trihastuti
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Publisher : STIT Al-Quraniyah Manna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.675 KB) | DOI: 10.69775/jpia.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan tentang perkembangan agama dan moral siswa dari keluarga TKI (Studi kasus di SDN Srirejosari Way Jepara Lampung Timur). Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan observasi yaitu mengumpulkan data dan pengamatan langsung objek yang akan diteliti. Teknik analisa data menggunakan langkah dengan reduksi data, merangkum data yang pokok dan fokus pada hal yang penting. Penyajian data, penyusunan informasi supaya lebih mudah untuk diolah dan dipahami. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang orang tuanya menjadi TKI di dapati kurang dalam perkembangan agama dan moral, dengan demikian berbagai upaya yang dilakukan oleh guru dan kerabat terdekat dalam mengembangkan agama dan moral siswa dari keluarga TKI. Kata Kunci : Perkembangan agama dan Moral, Keluarga TKI
Kesiapan Mahasiswa dalam Menyusun Tugas Akhir pada Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Tadris Bahasa Inggris STAI Hubbulwathan Duri Nova Yanti; Hisny Fajrussalam; Nurhalimah, Nurhalimah
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Publisher : STIT Al-Quraniyah Manna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.988 KB) | DOI: 10.69775/jpia.v1i1.8

Abstract

The objectives of this study were to: 1) obtain information on how to describe students' readiness to face the munaqosah exam, and 2) to find out what factors affect the readiness to face the munaqosah exam. This research is a qualitative descriptive research. The data source selection technique, the researcher set a purposive sample. Purposive sampling is a method of sampling that is done by selecting subjects based on specific criteria set by the researcher. The criteria chosen were students who had already conducted proposal seminars from both the Islamic Religious Education and English Education study programs for the 2015 Academic Year. Participants or informants in this study were 33 people. Data collection techniques in this researcher through observation, interviews, and documentation. The results showed that the picture of student readiness to face the munaqosah exam was not ready to face it on time, namely 4 years or 8 semesters due to several factors, both in terms of internal factors and in terms of external factors. The factors that affect the readiness of students in facing the munaqosah exam include: 1) Internal factors, namely the lack of knowledge of students in writing theses because they are not guided from the beginning of writing, lack of understanding in compiling good and correct sentences into English, especially TBI study program students, There is a feeling of laziness in writing theses, reduced health conditions, there are students who experience trauma to ride their own motorbikes because they get and hear news of terrible collisions, 2) External factors, namely: there is no supervisor at the beginning of writing thesis, it is difficult for students to share time to write theses and guidance because of work, it is difficult for students to find reference books to support student research, there are final students who do not have personal laptops, there are students who have difficulty funding or costs Keywords: Readiness, Final Project, Study Program
Implementasi Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di SMKN 1 Ponorogo Nurhayati
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Publisher : STIT Al-Quraniyah Manna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.772 KB) | DOI: 10.69775/jpia.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan implementasi pendekatan ilmiah (Iscientific approach) pada pembelajaran pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan kepada beberapa siswa dan guru pendidikan agama Islam. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretasi data secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa Penerapan pendekatan ilmiah (scientific approach) pada perencanaan pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ponorogo sudah terencana dengan baik, bahwasanya dengan penerapan lima langkah dalam pembelajaran yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan hasil. Penerapan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ponorogo terlaksana atas dukungan kebijakan lembaga, sarana dan prasarana yang memadai serta lingkungan yang nyaman. Sedangkan penghambatnya adalah manajemen yang belum maksimal.Dampak hasil penerapan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ponorogo, menggunakan tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, diamana menghasilkan dampak siswa menjadi mau membaca, siswa menjadi mau bertanya, siswa menjadi mau berdiskusi, siswa menjadi mau mengasosiasi, dan siswa menjadi mau berkomunikasi. Kata kunci: Pendekatan ilmiah (iscientific approach), pembelajaran agama Islam.
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Strategi Mind Mapping di Madrasah Aliyah Negeri 3 Boyolali Diah Novita Fardani
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Publisher : STIT Al-Quraniyah Manna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.547 KB) | DOI: 10.69775/jpia.v1i1.10

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dapat ditempuh oleh seorang guru atau pendidik melalui beberapa cara, salah satunya yaitu bagaimana seorang guru atau pendidik bisa menyampaikan materi pembelajaran yang mudah dipahami dan diterima oleh siswa atau peserta didik. Guru atau pendidik agar lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat menggunakan strategi dalam pembelajaran, terutama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang paling banyak mengulas mengenai sejarah. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah strategi mind mapping. Strategi mind mapping adalah strategi dimana guru atau pendidik memberikan suatu materi secara umum kemudian siswa atau peserta didik membuat konsep sendiri materi tersebut hingga menjadi lebih rinci sesuai dengan pemikiran dan kreativitas siswa atau peserta didik dalam bentuk konsep atau mapping. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi mind mapping baik itu penerapan dan kendala dalam penerapannya, keaktifan siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi mind mapping, pemahaman dan kreativitas siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi mind mapping. Metode yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui survei, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Strategi Mind Mapping di Madrasah Aliyah Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2019/2020 dilakukan dengan kerjasama yang baik dan hasil belajar yang diperoleh siswa lebih bisa dengan mudah dan cepat dalam menerima materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta menambah kreatifitas dan keaktifan siswa dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Strategi Mind Mapping
Nilai Pendidikan Islam Ritual Budaya Tolak Bala Pada Masyarakat Mendawai di Kota Palangka Raya Ahmad Sairaji; Muslimah, Muslimah
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Publisher : STIT Al-Quraniyah Manna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69775/jpia.v1i1.11

Abstract

Masyarakat Mendawai di Kota Palangka Raya melakukan ritual budaya tolak bala setiap tahunnya, dimaksudkan sebagai ritual agar terhindar dari bala seperti kebakaran. Dilakukan dengan cara berkeliling kampung sambil membaca syair burdah dan membawa kitab Sahih Bukhari dan kitab Sahih Muslim yang dianggap memiliki keistimewaan. Menarik diteliti untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam ritual budaya tolak bala pada masyarakat Mendawai di Kota Palangka Raya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang utama adalah observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur dan mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif bersifat deskriptif, yaitu analisis berdasarkan pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan vertifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ritual budaya tolak bala dimulai dari shalat Maghrib dan Isya berjamaah, pembacaan surah yasin, pembacaan shalawat nariyah, dan pembacaan syair burdah keliling. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam pelaksanaan ritual budaya tolak bala yaitu nilai aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak dan nilai sosial. Kata kunci: Nilai Pendidikan Islam, Ritual Budaya, Tolak Bala

Page 1 of 15 | Total Record : 144