Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan

Hubungan Intensitas Komunikasi, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Musamus)

Ruata, Nolvy (Unknown)
Wicaksono, Helmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Pendidikan merupakan gerbang menuju masyarakat intelektual yang berkompentsi. Dalam proses pendidikan, komunikasi memiliki peran yang cukup penting guna memotivasi dan mentranfer ilmu pengetahuan dari pendidik ke peserta didik yang pada akhirnya berdampak pada prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa di Lingkungan Universitas Musamus. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Musamus (Unmus) Merauke. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang terdaftar aktif pada tahun akademin 2016/2017 semester genap, jumlah sampel dalam penelitian ini 80 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Sampling insidental adalah tehnik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu mahasiswa yang secara kebetulan ditemu oleh peneiti pada periode pengumpulan data yakni Januasi s/d Februari 2017. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (2) Motivasi belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (3) Intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi belajar mahasiswa. (4) Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,462 atau 46,2%, menunjukkan bahwa variabel intensitas komunikasi dan motivasi belajar dapat menjelaskan 46,2% terhadap variabel prestasi belajar. Sedangkan sisanya sebesar 0,538 atau 53,8%, dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diikut sertakan dalam model penelitian ini. Kata Kunci: Intensitas Komunikasi, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Islamic Education, Education Policy, Learning ...