Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan implementasi pendekatan ilmiah (Iscientific approach) pada pembelajaran pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan kepada beberapa siswa dan guru pendidikan agama Islam. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretasi data secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa Penerapan pendekatan ilmiah (scientific approach) pada perencanaan pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ponorogo sudah terencana dengan baik, bahwasanya dengan penerapan lima langkah dalam pembelajaran yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan hasil. Penerapan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ponorogo terlaksana atas dukungan kebijakan lembaga, sarana dan prasarana yang memadai serta lingkungan yang nyaman. Sedangkan penghambatnya adalah manajemen yang belum maksimal.Dampak hasil penerapan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ponorogo, menggunakan tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, diamana menghasilkan dampak siswa menjadi mau membaca, siswa menjadi mau bertanya, siswa menjadi mau berdiskusi, siswa menjadi mau mengasosiasi, dan siswa menjadi mau berkomunikasi. Kata kunci: Pendekatan ilmiah (iscientific approach), pembelajaran agama Islam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020