Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan kolase dalam menstimulus perkembangan anak dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kegiatan kolase di di TK Purnama Loa Janan Ulu Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas B2B, guru kelas B3B serta anak-anak Tk Purnama Loa Janan Samarinda. Hasil penelitian dalam kegiatan kolase memiliki langkah-langkah sebagai berikut, pertama yaitu perencanaan, guru mempersiapkan RPPH, media, lembar catatan anekdot dan lembar ceklist perkembangan anak. Kedua yaitu pelaksanaan, guru mulai memberikan media kepada anak, arahan kepada anak dalam melakukan kegiatan kolase mulai dari langkah-langkahnya hingga saat akhir menyelesaikan kegiatan kolase. Ketiga evaluasi, anak bisa mengkomunikasikan kegiatan yang telah dilakukan, terampil menggunakan tangan kanan dan kiri nya, menghitung warna yang telah ditempel, mengelompokkan sobekan kertas origami, memahami bahasa reseptif, mengikuti aturan kelas, menampilkan hasil karya, menempel dengan menggunakan media kapas. Faktor-faktor pendukung dalam kegiatan kolase adalah Anak bebas berimajinasi, memiliki rasa percaya diri, adanya sarana dan prasarana serta penguasaan guru tehadap materi yang akan disampaikan. Sedangkan, faktor-faktor penghambatnya yaitu kondisi anak, seperti kegiatan pembelajaran yang mudah dan anak cepat bosan, persiapan yang tidak matang dan waktu yang terbatas.
Copyrights © 2022