Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pelaksanaan bermain kolase dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini di TK Al-Muttaqqin dan solusi untuk mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dari problematika pelaksanaan bermain kolase pada masa pandemi yaitu pembelajaran offline yaitu pembelajaran tidak tercapai dengan maksimal. Problem pelaksanaan yaitu pelaksanaan yang lumayan sulit untuk bermain kolase dan waktu yang kurang maksimal. Problem anak yaitu anak akan kecewa. Problem tujuan yaitu indikator yang tidak tercapai serta problem evaluasi. Pembelajaran online yaitu problem pembelajaran yaitu minimnya pengetahuan orang tua tentang kolase. Problem pelaksanaan yaitu pertisipasi orang tua yang kurang serta waktu pengerjaannya tidak sesuai yang diharapkan. Problem evaluasi yaitu hasilnya tidak sesua yang diharapkan guru. Problem orang tua yaitu kurangnya waktu untuk menemani anak dan sulitnya menghadapi mood anak. Solusi dari problematika tersebut adalah solusi kepala sekolah yaitu lebih kompak mempersiapkan bahan ajar, partisipasi orang tua, komunikasi yang baik dari semua pihak, konsultasi kepala sekolah, guru, serta orang tua. Solusi guru yaitu partisipasi orang tua yang ikut andil, mengingatan kepada orang tua. Solusi orang tua, wajib memberikan pengertian kembali kepada anak dan menyisihkan waktu untuk melakukan pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022