SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan
Vol 1, No 1 (2019): Juli-Desember

METODOLOGI FUNGSIONALISASI AL-SAM'U DALAM PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QURAN

Eka Safliana Eka (STIT Hamzah Fansuri Subussalam, Aceh)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Al-sam’u merupakan indra pertama yang sangat berpotensi dalam memperoleh pengetahuan. Hal ini dapat diketahui dari penyebutan kata-kata al-sam’u lebih awal dari kata al-basaru dan disebut dalam al-Qur’an sebanyak 33 kali secara bergandengan. Tentu ini bukanlah kebetulan belaka tetapi memiliki hikmah tersendiri di antaranya, pendengaran lebih utama dari penglihatan, pendengaran sudah berfungsi sejak dalam kandungan, dan pendengaran tidak pernah istirahat. Oleh karena itu, kajian ini bertujuan untuk mengetahui makna al-sam’u dalam perspektif al-Qur’an, mengetahui sejauhmana al-Qur’an menawarkan potensi al-sam’u dalam hubungannya dengan proses pendidikan anak dan metodologi fungsionalisasi al-sam’u. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan mawdu’iy (tematik) yang menelaah ayat-aya tal-sam’u yang menjadikan kajian dalam tulisan ini. Dari pengklasifikasiannya, al-sam’u memiliki makna: ke-Mahadengaran Allah, indra pendengaran, suatu kegiatan, memahami dan menaati, tahu tetapi tidak paham, dan al-sam’u bermakna perintah mengamati fenomena alam. Al-sam’u berpotensi sebagai sarana utama dalam memperoleh pengetahuan dan sarana yang membantu anak berbicara. Metodemetode yang digunakan dalam fungsionalisasi al-sam’u adalah metode memperdengarkan azan dan iqamat, metode membaca al-Qur’an, metode bercerita, metode mengikutsertakan dengan ucapan, metode berdiskusi, dan metode lagu. Kata Kunci: Al-Quran, Al-Sam’u dan Pendidikan Anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SINTESA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal SINTESA is published by the Coordinator of the Islamic Higher Education Institution in Aceh and focuses to publish research articles in the Islamic studies field twice a year. Its scope consists of (1) Islamic theology (2) Islamic law (3) Islamic education (4) Islamic mysticism and philosophy ...