cover
Contact Name
Khairizzaman
Contact Email
sintesa@kopertais5aceh.or.id
Phone
+62881024912434
Journal Mail Official
sintesa@kopertais5aceh.or.id
Editorial Address
Kantor Kopertais Wilayah V Aceh, Lantai 3, Gedung Biro Rektorat UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan
ISSN : -     EISSN : 27150666     DOI : -
Jurnal SINTESA is published by the Coordinator of the Islamic Higher Education Institution in Aceh and focuses to publish research articles in the Islamic studies field twice a year. Its scope consists of (1) Islamic theology (2) Islamic law (3) Islamic education (4) Islamic mysticism and philosophy (5) Islamic economics (6) the Study of tafsir and hadith, and (7) Islamic art and history.
Articles 37 Documents
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN AQIDAH DI MA AL-FIKRIYAH PADANG TIJI Fuad Fuad
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan Vol 1, No 2 (2020): Januari-Juni
Publisher : Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) Wilayah V Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.443 KB) | DOI: 10.22373/sintesa.v1i2.180

Abstract

The  results titled is Learning The effectiveness of Method Aqeedah At MAS Al-Fikriyah Padang Tiji. This study considered representative for the study because education Aqeedah be one portion of Islamic education provided by educational institutions to students starting from Islamic of elementary school, Islamic of junior high school, Islamic of senior high school synergized in Aqeedah Morals lesson, even to college. To achieve the goal of education is the education Aqeedah must have appropriate learning methods, so that students can learn effectively and efficiently. Therefore, the problems of study are: 1). How learning methods Aqeedah at MAS Al-Fikriyah Padang Tiji. 2). What is the process of learning implementation Aqedah at MAS Al-Fikriyah Padang Tiji. The objectives to be obtained in this study were 1). Describe the learning method Aqeedah at MAS Al-Fikriyah Padang Tiji. 2). Describe the process of implementation of learning Aqeedah at MAS Al-Fikriyah Padang Tiji. This study is a qualitative study, the data collection techniques done is through interview, observation and documentation used by triangulation. The data was analyzed by descriptive analysis. The results of this study indicate that: learning methods Aqeedah at MAN 1 Banda Aceh is done by using the method of group discussion, question and answer, inquiry, lectures, group work, Uswatun Hasanah, training, advice, reward and punishment. The process of learning implementation Aqeedah can run well, it can be seen from the preparation of teachers to teach the material in the material, lesson plan, the method used and of students who have a high spirit as seen in the preparation of students before learning to completion of the learning process, they do so with gusto.
ASAS ALAMTOLOGI: PENGENALAN "ISTILAH" SEBAGAI ASAS PERMULAAN KAJIAN DALAM DISIPLIN ILMU Maisarah Maisarah
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan Vol 1, No 1 (2019): Juli-Desember
Publisher : Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) Wilayah V Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.012 KB) | DOI: 10.22373/sintesa.v1i1.21

Abstract

Kajian ini perlu dikaji untuk memahami makna daripada istilah. Penamaan sesuatu yang wujud merupakan sebuah istilah yang diberikan kepada nama tersebut supaya dapat dikenal secara pasti terhadap nama sesuatu unsur tersebut. namu dalam kajian ini peneliti menjelaskan secara jelas tentang bagaimana menamakan sebuah istilah terhadap sesuatu benda tersebut secara tepat. Dengan demikian, istilah yang diberikan tersebut bukan atas sangkaan ataupun dugaan, namun istilah merupakan sebuah nama yang tepat kepada sesuatu benda tersebut serta dapat dibuktikan secara saintifik dan sistematis. Huraian dan penjelasan ringkas mengenai pembangunan penyelidikan serta disiplin ilmu adalah merujuk kepada disiplin ALAMTOLOGI. Hal ini sistem pembangunannya dengan cara merujuk kepada alam sekeliling sebagai panduan asas. Alamtologi merupakan suatu disiplin ilmu yang sedang giat berkembang. Ianya merujuk secara langsung kepada hukum alam semulajadi agar semua pembangunan dan penyelidikan teknologi selaras dengan ciri-ciri asas medium tertentu yang memastikan ianya tidak bercanggah dengan cara alam semulajadi berinteraksi dan sebagainya, serta pengenalan asas pada istilah sangat penting dipahami untuk mengenal sesuatu yang menjadi objek dalam kajian ALAMTOLOGI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ISTILAH adalah perubahan dari hasil kaitan atara unsur-unsur yang terisi dalam satu bekas. Perubahan dihasilkan daripada proses penggabungan antara dua unsur atau lebih, seperti penyebutan air kopi merupakan gabungan daripada air, biji kopi, dan gula. Oleh karena itu perlu dipahami bahwa pernyataan istilah dalam disiplin mempunyai landasan hukum. Hukum istilah ada 4 (empat) yaitu bekas, isi, kaitan dan matlamat. Kata Kunci: Alamtologi, pengenalan, asas, istilah.
KONSEP PERKEMBANGAN MANUSIA DALAM AJARAN ISLAM Eka Safliana
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan Vol 2, No 2 (2021): Januari-Juni
Publisher : Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) Wilayah V Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.541 KB) | DOI: 10.22373/sintesa.v2i2.253

Abstract

Development is something that can not be neglected by human in living. In addition, the development of prenatal period has an urgent role to continue the humam’s life. This research used descriptive method, it is qualitative because the writer tried to analize it deeply. It is about humamn development consept of Islam. This research is about Quranic verses of human prenatal development, it could be concluded that those Quranic verses which discuss about human prenatal development the are certain QS al-mukminuun, 23: 13-14, tema tertentu. QS al-Qiyamah, 36-37. QS an-Najm: 45-46. QS al-insan: 2. QS. Al-‘Alaq, 96: 1-3. QS as-Sajdah: 7-8.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X PADA MAN 2 PIDIE JAYA TAHUN 2019 Arizal Fahmi Fahmi
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan Vol 1, No 2 (2020): Januari-Juni
Publisher : Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) Wilayah V Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.713 KB) | DOI: 10.22373/sintesa.v1i2.185

Abstract

This study is entitled "The Implementation of Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Improve Mathematics Learning Outcomes of Class X MAN 2 Pidie Jaya in 2019". This study aims to determine whether the application of a jigsaw cooperative learning model can improve student learning outcomes in mathematics learning in class X MAN 2 Pidie Jaya. This type of research is quantitative research. The design of this study is planning, design, implementation, evaluation, and reporting. Data analysis was performed descriptively. The results of the data analysis showed that the acquisition of the pre-test results of students 'mathematics learning with an average of 60. Furthermore, the researchers treated them by applying a jigsaw cooperative learning model for three meetings, at the end of the study the researchers gave a post-test evaluation to see the students' abilities after applying the cooperative learning model jigsaw. The results of data analysis showed that the acquisition of the pre-test results of students' mathematics learning with an average of 84.4. It can be concluded, the Jigsaw cooperative learning model can improve student learning outcomes, and the teacher always improves his expertise in using the Jigsaw cooperative learning model so that students are not bored and are more eager to follow the lessons and understand mathematics learning.
PERKEMBANGAN JIWA, PERASAAN, MOTIVASI DAN SIKAP BERAGAMA REMAJA ZAMAN NOW DALAM KAJIAN ILMU PARENTING : ARTICLE REVIEW Andri Nirwana
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan Vol 1, No 2 (2020): Januari-Juni
Publisher : Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) Wilayah V Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.56 KB) | DOI: 10.22373/sintesa.v1i2.31

Abstract

Islam menggariskan beberapa aspek penting dalam mendidik anak terutama remaja ke jalan yang diridhai Allah SWT. Pertama, memberi kasih sayang dan keperluan hidup yang mencukupi. Remaja pada peringkat awal memerlukan kasih sayang secukupnya daripada ibu bapa supaya mereka tidak berasa kekosongan dalam jiwa. Tanggungjawab ini harus dilaksanakan ibu bapa sebaik-baiknya. Firman Allah yang bermaksud QS. Ali-Imran: 14. Naluri kasih sayang yang wujud dalam diri manusia ini hendaklah dipupuk sebaik mungkin menurut kehendak syariat Islam. Dalam memberi kasih sayang kepada anak, tidak cukup bagi ibu bapa sekadar menyediakan keperluan kebendaan sedangkan keperluan mental dan emosi mereka tidak dititikberatkan. Ibu bapa seharusnya meluangkan masa bersama anak untuk bermesra dan bergaul dengan mereka. Ibu bapa juga perlu menjadi rakan yang baik kepada anak remaja dengan memberi peluang mencurahkan apa juga masalah dihadapinya. Tumpuan yang tidak berbelah-bagi haruslah diberikan ketika anak remaja mencurahkan sesuatu atau sumber lain untuk mencurahkan masalah yang sedang dihadapinya itu. Hubungan erat amat penting antara ibu bapa dan anak remaja. Cara ini membuatkan mereka tidak takut bertanya atau bercerita jika sesuatu perkara terjadi ke atasnya. Dengan ini hubungan anak dengan ibu bapanya akan bertambah erat di samping mereka akan taat dan mudah menerima nasihat daripada ibu bapa mereka. Anak yang mendapat kasih sayang dan asuhan cukup ibu bapanya tidak akan mengecewakan harapan ibu bapanya. Mereka tidak akan mencari kebahagiaan di luar rumah lagi umpamanya bergaul dengan kawan yang nakal, menghisap dadah, lari dari rumah dan sebagainya lagi kerana kebahagiaan yang dicari sudah didapati di rumah sendiri.  Kedua, memberi pendidikan agama. Pendidikan agama adalah suatu kewajiban ibu bapa. Tanpa pendidikan agama secukupnya adalah mustahil dapat melahirkan anak berakhlak dan bertakwa kepada Allah. Pengajaran dan pendidikan semestinya diutamakan adalah yang berkaitan dengan agama karena ia adalah cara paling baik untuk mencegah manusia daripada keburukan dan membawa mereka kepada kemulian
KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PERBAIKAN MUTU BERKELANJUTAN PENDIDIKAN Sabarita Banurea
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan Vol 3, No 2 (2022): Januari-Juni
Publisher : Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) Wilayah V Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.212 KB) | DOI: 10.22373/sintesa.v3i2.404

Abstract

The concern of the government and various educational observers has been and continues to strive to improve the quality of education. So, it is not surprising that the development and innovation of education today is increasingly stretched, starting from technology-based learning models, evaluation systems and supervision innovations through sharing application features and so on. However, the communication factor is something that cannot be ruled out, especially schools that are far from urban areas and have difficulty accessing the network. Various communication techniques, such as interpersonal communication, make it easier for teachers to transfer knowledge, so that in the end education is called quality because the scientific quality of students is in accordance with the expectations of the community as recipients of educational services. The results showed that; 1). Interpersonal communication has the potential to carry out an instrumental function as a tool to influence or persuade others, even to maintain a quality of education, 2). Quality of education is the ability to manage schools with the concept of quality management so as to give birth to regeneration with graduation who are ready to enter the social order of society from various fields and activities equipped with expertise, 3). Interpersonal communication is an effort to improve the quality of education, so in order to be able to implement it first understand and understand the concepts and theories. There are at least three dimensions in the application of interpersonal communication to maintain the quality of education; 1). Communication made by the principal both to school residents (internal) and external to the school, 2), communication between teachers, teachers and staff and teachers with operators, 3) communication between teachers and students and parent.AbstrakKepedulian pemerintah beserta berbagai kalangan pemerhati pendidikan telah dan terus menerus berupaya mewujudkan peningkatan mutu pendidikan. Maka tidak heran pengembangan dan inovasi pendidikan dewasa ini semakin menggeliat, mulai dari pembelajaran model berbasis teknologi, sistem evaluasi dan inovasi pengawasan melalui berbagi fitur aplikasi dan seterusnya. Namun demikian faktor komunikasi adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan, terutama sekolah yang jauh dari perkotaan dan sulit mengakses jaringan. Berbagai teknik komunikasi, seperti komunikasi interpersonal mengantarkan para guru lebih memudahkan transfer keilmuan, sehingga pada akhirnya pendidikan disebut bermutu karena kualitas keilmuan siswa sesuai dengan harapan masyarakat sebagai penerima layanan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). Komunikasi antar pribadi sangat potensial untuk menjalankan fungsi instrumental sebagai alat mempengaruhi atau membujuk orang lain, bahkan menjaga suatu mutu pendidikan, 2). Mutu pendidikan adalah kemampuan mengelola sekolah dengan konsep manajemen mutu sehingga melahirkan regenerasi dengan kelulusan yang siap terjun dalam tatanan sosial masyarakat dari berbagai bidang dan kegiatan yang dibekali keahlian, 3). Komunikasi interpersonal adalah upaya untuk perbaikan mutu pendidikan, maka agar supaya mampu mengimplementasikannya terlebih dahulu mengerti dan memahami konsep maupun teorinya. Setidaknya ada tiga dimensi dalam penerapan komunikasi interpersonal untuk menjaga mutu pendidikan; 1). Komunikasi yang dilakukan kepala sekolah baik kepada warga sekolah (internal) dan eksternal sekolah, 2), komunikasi antar guru, guru dengan staf dan guru dengan operator, 3) komunikasi guru dengan siswa dan orang tua siswa
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM PENGAMBILAN PEMBIAYAAN RAHN DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG PEMBANTU SIGLI Fakhrurradhi Fakhrurradhi
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan Vol 2, No 1 (2020): Juli-Desember
Publisher : Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) Wilayah V Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.387 KB) | DOI: 10.22373/sintesa.v2i1.236

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah nasabah Pegadaian CabangPembantu Syariah Sigli yang semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan nasabah; dan faktor yang dominan dalam menggunakan jasa Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Sigli khususnya produk pembiayaan rahn. Narasumber penelitan ini terdiri 20 nasabah Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Sigli dan 1 kepala bidang informasi Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Sigli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif, dengan pertimbangan sesuai situasi dan keadaan sekarang. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa atau kejadian yang menjadi fokus perhatiannya dan kemudian dijadikan sebagai bahan yang akan dituliskan serta digambarkan dalam laporan penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis penelitian  menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan nasabah adalah: 1) Faktor harga; 2) Faktor kualitas layanan; 3) Faktor syariah; 4) Faktor lokasi dan; 5) Faktor promosi. Dari Kelima faktor tersebut, faktor harga yang menjadi faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusannasabah untuk mengambil pembiayaan rahn Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Sigli.
PERAN DAN KONTRIBUSI PENGHULU DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (Studi di KUA Kecamatan Blangkejeren) Ridho Ridho
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan Vol 1, No 2 (2020): Januari-Juni
Publisher : Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) Wilayah V Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.778 KB) | DOI: 10.22373/sintesa.v1i2.181

Abstract

This research develops the Role and Contribution of Penghulu in Forming a Sakinah Family in KUA of Blangkejeren District, Gayo Lues Regency. The background of the rule is that one of the main tasks and functions of the Penghulu as the State Civil Apparatus is the Development of the Sakinah Family. Then the writer wants to see how the Penghulu plays a role and contributes to the development of the sakinah family. This research is the result of field studies using qualitative methods, based on research procedures that produce descriptive data in the form of written words. Namely the type of research that illustrates and provides an analysis of the reality in the field. To get data, the method used is observation, interview, and documentation, The results of this study indicate that Penghulu played a role and had a contribution in the formation of sakinah families in KUA of Blangkejeren District.
METODOLOGI FUNGSIONALISASI AL-SAM'U DALAM PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QURAN Eka Safliana Eka
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan Vol 1, No 1 (2019): Juli-Desember
Publisher : Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) Wilayah V Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.661 KB) | DOI: 10.22373/sintesa.v1i1.22

Abstract

Al-sam’u merupakan indra pertama yang sangat berpotensi dalam memperoleh pengetahuan. Hal ini dapat diketahui dari penyebutan kata-kata al-sam’u lebih awal dari kata al-basaru dan disebut dalam al-Qur’an sebanyak 33 kali secara bergandengan. Tentu ini bukanlah kebetulan belaka tetapi memiliki hikmah tersendiri di antaranya, pendengaran lebih utama dari penglihatan, pendengaran sudah berfungsi sejak dalam kandungan, dan pendengaran tidak pernah istirahat. Oleh karena itu, kajian ini bertujuan untuk mengetahui makna al-sam’u dalam perspektif al-Qur’an, mengetahui sejauhmana al-Qur’an menawarkan potensi al-sam’u dalam hubungannya dengan proses pendidikan anak dan metodologi fungsionalisasi al-sam’u. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan mawdu’iy (tematik) yang menelaah ayat-aya tal-sam’u yang menjadikan kajian dalam tulisan ini. Dari pengklasifikasiannya, al-sam’u memiliki makna: ke-Mahadengaran Allah, indra pendengaran, suatu kegiatan, memahami dan menaati, tahu tetapi tidak paham, dan al-sam’u bermakna perintah mengamati fenomena alam. Al-sam’u berpotensi sebagai sarana utama dalam memperoleh pengetahuan dan sarana yang membantu anak berbicara. Metodemetode yang digunakan dalam fungsionalisasi al-sam’u adalah metode memperdengarkan azan dan iqamat, metode membaca al-Qur’an, metode bercerita, metode mengikutsertakan dengan ucapan, metode berdiskusi, dan metode lagu. Kata Kunci: Al-Quran, Al-Sam’u dan Pendidikan Anak.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI GEULUMPANG MINYEUK Chaidir Chaidir
SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan Vol 2, No 2 (2021): Januari-Juni
Publisher : Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) Wilayah V Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.828 KB) | DOI: 10.22373/sintesa.v2i2.254

Abstract

Dalam proses pembelajaran Pkn materi yang diterangkan tidak hanya terfokus pada satu model dan metode tertentu saja. Kesulitan belajar siswa yang sering terjadi pada siswa meliputi potensi intelektualnya di atas normal tetapi prestasi belajar yang dicapainya rendah. Proses belajar anak yang lambat selama proses pembelajaran sehingga setiap dalam melakukan kegiatan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan anak lain yang memiliki potensi intelektual yang sama.  Permasalahan dalam penelitian ini adalah apasaja hambatan yang dialami siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, bagaimana  upaya yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Pkn? Penelitian ini menggunakan metoda analisis deskriptif  dengan pendekatan teoristis, diharapakan akan memperoleh gambaran mengenai masalah yang terjadi pada isu aktual yang di pilih. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pengaruh metode quantum learning dalam pembelajaran Pkn berdampak baik dan positif terhadap peningkatan prestasi belajar. Dalam upaya peningkatan prestasi belajar selalu terdapat hambatan-hambatan antara lain siswa bosan selama proses pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa bisa dimulai dengan cara melakukan inovasi seperti melakukan pendekatan terhadap siswa serta mencoba metode pembelajaran yang kreatif

Page 1 of 4 | Total Record : 37