Indonesian journal of teaching and learning
Vol. 1 No. 1 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MTs MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Sumartini, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 8 Jakarta menunjukkan adanya banyak kendala yang salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dikelas VIII.4 MTs Negeri 8 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.4 MTs Negeri 8 Jakarta yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis Kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Penelitian dilaksanakan dengan langkah - langkah : a) menyusun rencana kegiatan b) pelaksanaan tindakan c) observasi dan d) refleksi. Akhir refleksi menunjukan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga penelitian dihentikan. Penelitian menunjukan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.4 MTs Negeri 8 Jakarta. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan bahwa pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah setelah diadakan pembelajaran Model Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 85 dan secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) is a national journal in the fields of: 1. Education 2. Teaching and learning 3. Evaluation 4. Management in formal/non-formal ...