cover
Contact Name
Zaenal Arifin
Contact Email
arifin1169@gmail.com
Phone
+6282218560919
Journal Mail Official
intel.edupedia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Trajaya, 004/005, Kec. Palasah, Kab. Majalengka, Jawa Barat
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Indonesian journal of teaching and learning
Published by Edupedia Publisher
ISSN : 29620570     EISSN : 29641446     DOI : https://doi.org/10.56855/intel
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) is a national journal in the fields of: 1. Education 2. Teaching and learning 3. Evaluation 4. Management in formal/non-formal schools
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 122 Documents
THE LITERARY APPRECIATION OF DRAMA APPLIES SEVEN READER RESPONSE STRATEGIES TO ENCOURAGE STUDENTS' LITERACY ABILITY THROUGH LESSON STUDY Rulik Setiani; Elis Susanti; Darwanto
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Edupedia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.239 KB) | DOI: 10.56855/intel.v2i1.55

Abstract

The aim of the research is find out seven reader response strategies can encourage students’ literacy ability through lesson study. The method of research is Lesson Study-based Action Research. While the subjects in the action research in this lesson study are the fifth semester students of English education study program which consist of 28 students. The instruments used are observation and test. The data used in this study are qualitative and quantitative data. Related to the result of students score in cycle one shows that there are 3 students who categorized in very good, 10 students who categorized in good, 15 students who categorized in enough, and there were not categorized in poor and very less. Based on the result of observation and students score have not good enough categorized so it needed improvement on the next stage or next cycle that is second cycle. Related to the result of students score in cycle one shows that there are 10 students who categorized in very good, 13 students who categorized in good, 5 students who categorized in enough, and there were not categorized in poor and very less. Based on the result of observation and students score have mostly very good and good categorized so it means that there are improvement from cycle one to cycle two.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA Rahmasiwi, Amining
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Edupedia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.95 KB) | DOI: 10.56855/intel.v1i1.60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis permulaan siswa kelas II di MI Muhammadiyah Ceporan Tahun 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuasi eksperimen. Waktu dan lokasi penelitian dilaksanakan bulan Juni 2022 di di MI Muhammadiyah Ceporan, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. Sampel yang digunakan sejumlah 45 yang diperoleh secara acak melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes dengan instrumen yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh selanjutnya diuji prasyarat normalitas dan homogenitas untuk selanjutnya masuk pada uji hipotesis menggunakan uji statistic ANACOVA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran picture and picture terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas dua MI Muhammadiyah Ceporan.
SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN Ahlaq, Moh. Mahasinul
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Edupedia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (845.66 KB) | DOI: 10.56855/intel.v1i1.64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana supervisi klinis dalam meningkatkan mutu pembelajaran menurut perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini berbentuk library research, sebagai sumber primernya Al-Quran dan kitab-kitab tafsir (klasik maupun kontemporer). Sementara sumber sekundernya adalah buku-buku, jurnal, dan artikel yang terkait dengan obyek penelitian ini, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Al-Qur’an dengan jenis penelitian kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah penjelasan tentang beberapa kosa kata yang digunakan Al-Qur’an untuk menunjukkan makna tentang pengawasan yang memberikan gambaran bahwa urgensi dari supervisi yang ada di dalam Al-Quran bukan hanya sekedar melihat dan mencatat. Akan tetapi supervisi di dalam Kitab suci umat Islam ini lebih menekankan adanya pemeliharaan, penjagaan, perbaikan, kesaksian, keterbukaan, dan juga ketelitian dengan dasar dan landasan yang kuat. Selain itu, peneliti juga menemukan terdapat ayat yang memberikan isyarat tentang supervisi klinis yaitu Surat ar-Ra’d/13; 11. Ayat tersebut memberikan pengertian bahwa tujuan utama dari nilai-nilai yang terkandung dalam supervisi klinis Qurani adalah untuk memecahkan masalah yang dihadapi pendidik serta membentuk karakter pendidik guna mengembangkan dan memanfaatkan potensi kecerdasannya, baik berupa kecerdasan intelektual, emosional atau spiritual.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA MTS MELALUI METODE SOKRATIS Afnidar, Nur
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Edupedia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.564 KB) | DOI: 10.56855/intel.v1i1.65

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas IX di MTs Negeri 8 Jakarta melalui Metode Sokratis. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, observasi, tes dan wawancara. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan butiran soal. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil yang didapat didalam penelitian ini mulai dari siklus I siswa dapat nilai rata rata 79 dari kondisi awal, sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II nilai rata rata 82. Berdasarkan dari hasil penelitian tindakan kelas ini didapatkan Metode Sokratis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX. 2 MTs Negeri 8 Jakarta
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MTs MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING Sumartini, Titi
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Edupedia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.771 KB) | DOI: 10.56855/intel.v1i1.66

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 8 Jakarta menunjukkan adanya banyak kendala yang salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dikelas VIII.4 MTs Negeri 8 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.4 MTs Negeri 8 Jakarta yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis Kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Penelitian dilaksanakan dengan langkah - langkah : a) menyusun rencana kegiatan b) pelaksanaan tindakan c) observasi dan d) refleksi. Akhir refleksi menunjukan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga penelitian dihentikan. Penelitian menunjukan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.4 MTs Negeri 8 Jakarta. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan bahwa pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah setelah diadakan pembelajaran Model Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 85 dan secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENGEJA SUKU KATA DAN PERMAINAN KARTU Rokayah, Imas
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Edupedia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.052 KB) | DOI: 10.56855/intel.v1i1.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kata dengan menggunakan metode mengeja suku kata dan permainan kartu kata pada siswa kelas I Autisme di SLBN Garut Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa Autisme di SLB Garut Kota. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat dilihat dari hasil evaluasi tiap siklus. Hasil evaluasi tiap siklus kemudian dibandingkan dengan hasil keterampilan membaca pra tindakan. Peningkatan kemampuan membaca permulaan tersebut dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari pra tindakan anak yang berada pada kriteria baik pada siswa kelas I Autisme di SLBN Garut Kota setelah dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas. Proses pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak adalah guru melaksanakan mengeja suku kata dan permainan kartu kata sesuai dengan langkah-langkah permainan yang telah disusun yaitu anak bersama guru membaca buku bacalah cepat membaca jilid 1, dan anak berlomba mencari sejumlah kartu kata sesuai dengan permintaan guru, kemudian anak membaca lembaran suku kata dan kartu kata. Selesai membaca lembaran suku kata dan kartu kata, anak mendapat pujian serta penghargaan berupa permen dan stiker emotion smile.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI SIMPLE PRESENT TENSE Sri Wahyuni
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Edupedia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.334 KB) | DOI: 10.56855/intel.v1i1.110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa inggris materi simple present tense menggunakan model pembelajaran STAD. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan MC Taggart. Subjek yang dimaksud dalam tindakan penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 MAN 3 Palembang yang berjumlah 35 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penerapan model pembelajaran STAD mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (48,57%), siklus I (71,43%), dan siklus II (94,29%). Selain hasil belajar, aktivitas belajar dan motivasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yang sangat baik. Peserta didik menjadi lebih antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga materi yang diberikan mudah dipahami oleh peserta didik.
UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH MTS DI JAKARTA BARAT Eliza Andayani
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Edupedia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.257 KB) | DOI: 10.56855/intel.v1i1.111

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran obyektif dari gaya kepemimpinan demokratis Kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru pada kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian survei yang dimaksud adalah yang bersifat menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesis. Pada penelitian ini disebar kuisioner mengenai pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru dan populasinya adalah guru madrasah tsanawiyah di Kota Jakarta Barat. Selanjutnya dilakukan observasi dan hasil analisis data selanjutnya menjadi dasar untuk menghasilkan kesimpulan penelitan. Dari hasil ana-lisis diperoleh Terdapat pengaruh langsung dan positif kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan kontribusi sebesar 59,7%. Terdapat pengaruh langsung dan positif kompetensi pedagogik guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan konstribusi sebesar 79,9%. Terdapat pengaruh langsung dan positif kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kompetensi pedagogik guru (X2) dengan konstribusi sebesar 38%.
MONITORING DAN EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN Achmad Nasihi; Tri Asihati Ratna Hapsari
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Edupedia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.703 KB) | DOI: 10.56855/intel.v1i1.112

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang bagaimana monitoring dan evaluasi kebijakan pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka. Pada penelitian kajian pustaka ini yang digunakan adalah buku, Peraturan Pemerintah, dan jurnal nasional yang telah diringkas dan dianalisa. Berdasarkan hasil kajian pustaka, monitoring kebijakan pandidikan berarti mengamati secara seksama suatu keadaan atau kondisi, termasuk juga perilaku atau kegiatan yang berkaitan dengan kebijakan pendidikan yang berupa regulasi pendidikan, kurikulum, proses pembelajaran, maupun segala hal yang dijalankan oleh pemerintah berkaitan dengan pendidikan sehingga menemukan gambaran yang jelas apa, mengapa, serta bagaimana sesungguhnya kondisi pendidikan yang ada.
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MTS DENGAN MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI METODE TUTOR SEBAYA Dasiman
Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Edupedia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.111 KB) | DOI: 10.56855/intel.v1i1.113

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru mts kota Jakarta Barat dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran dengan metode tutor sebaya, serta untuk mengetahui efektifitas metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan guru membuat dan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian tindakan ini dilakukan daalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan dan wawancara. Selanjutnya dilakukan analisis data untuk menghasilkan kesimpulan penelitan. Dari hasil analisis menunjukan peningkatan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran, dengan ditunjukan 82% guru terampil membuat dan 82% guru mahir menggunakan media pembelajaran sedangkan asumsi keberhasilan adalah 75%.

Page 1 of 13 | Total Record : 122