HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Vol 9, No 1 (2021): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Heri Susanto (Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)
Irmawati Irmawati (Madrasah Aliyah Ponpes Modern Darul Istiqamah, Jl. H. A. Syafawi Murakata Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Indonesia)
Helmi Akmal (Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Jalan Brigjend. H. Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Indonesia)
Ersis Warmansyah Abbas (Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Jalan Brigjend. H. Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2021

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan mengetahui pengaruh media film dokumenter terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian eksperimen ini mengadopsi desain posstest-only control dengan dua sampel kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas X MIA dengan sampel kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 3, ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui metode tes dengan bentuk soal esai. Uji prasyarat maupun analisis dilakukan guna membuktikan pengaruh media film dokumenter terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasilnya, siswa yang diajar menggunakan media film dokumenter memperolehrerata skor sebesar 70,74, sedang siswa yang diajar tanpa menggunakan media tersebutmemperolehrerata skor sebesar 52,29. Artinya terdapat perbedaan keterampilan berpikir antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Hasil analisis Mann-Whitney menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,00<0,05. Diperkuat melalui hasil penghitungan effect size sebesar d=1,395 (0,8<d<2,0) sehingga dinyatakan media film dokumenter berpengaruh sangat signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Field of History education, for example the model of developing historical learning. Historical Studies, for example, history of the movement, history of ...