ABSTRAK Pendahuluan: Dalam dunia Pendidikan kedokteran, membaca dan mencari literasi adalah satu hal yang wajib dan penting untuk dilakukan oleh mahasiswa, karena seperti diketahui bahwa bidang kedokteran adalah ilmu yang selalu berubah-ubah dan selalu update sesuai dengan perkembangan zaman. Kemampuan peserta didik dalam menelaah sebuah jurnal menjadi keharusan untuk meningkatkan kemampuan literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keahlian mahasiswa dalam membaca, memahami, menganalisis dan mengkritisi jurnal atau penelitian terdahulu menggunakan instrument STROBE dan PRISMA. Metode: Penelitian ini adalah jenis penelitan Research and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa mahasiswa profesi dokter stase IKM KK, Instrument yang digunakan adalah STROBE dan PRISMA. Adapun lembar observasi mencakup kesesuaian hasil telaah dan isi jurnal, pemahaman terhadap metodologi, pemahamaan terhadap analisis data, pemahaman terhadap hasil penelitian, pemahaman terhadap konten dan diskusi jurnal dan ketepatan mengambil kesimpulan dari jurnal Hasil: Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kelompok mahasiswa yang menggunakan instrument STROBE dalam menelaah jurnal memiliki score 89, instrument PRISMA 87 dan istrumen lainnya score 78. Kesimpulan: dari hasil terlihat bahwa dari 3 kelompok perlakuan kelompok yang menggunakan instrument STROBE dan PRISMA lebih baik dalam kemampuan menganalisis sebuah jurnal dibandingkan dengan instrument dibandingkan dengan kelompok yag tidak memakai kedua instrument tersebut. Katakunci: Inovasi Pembelajaran, Journal Reading, STROBE, PRISMA
Copyrights © 2022