Abstrak Penelitian ini disusun dengan menggunakan rancangan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menulis melalui metode reseptif produktif berbantuan media teks bermuatan nilai humanisme, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis melalui metode reseptif produktif berbantuan media teks bermuatan nilai humanisme, dan (3) evaluasi pembelajaran menulis melalui metode reseptif produktif berbantuan media teks bermuatan nilai humanisme pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukawati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Ada beberapa langkah dalam menganalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru sudah sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran dan kebutuhan siswa dalam memperoleh pengetahuan saat pembelajaran berlangsung. Hanya saja dalam tujuan pembelajaran tidak dibedakan waktu pertemuan. (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis sudah dilaksanakan oleh guru dengan baik, baik dalam pendahuluan, kegiatan inti, maupun penutup, (3) Evaluasi terhadap pembelajaran terdiri atas evaluasi proses, sikap, dan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi telah dilakukan oleh guru dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Abstract This research was compiled using a qualitative descriptive design that aims to describe (1) planning for learning to write through productive receptive methods assisted by text media with humanistic values, (2) implementing writing learning through productive receptive methods assisted by text media with humanist values, and (3) evaluation of writing learning through productive receptive methods assisted by text media with humanistic values in class X students of SMK Negeri 1 Sukawati. The subjects of this study were Indonesian language teachers who taught in class X SMK Negeri 1 Sukawati. The data collection method used is the method of observation and documentation. There are several steps in analyzing data, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that (1) the lesson planning made by the teacher was in accordance with the implementation of learning and the students' needs in obtaining knowledge during the learning process. It's just that the learning objectives do not differentiate between meeting times. (2) The teacher has implemented writing learning well, both in the introduction, core activities, and in the closing, (3) Evaluation of learning consists of evaluating the process, attitudes, and learning outcomes. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that planning, implementation, and evaluation have been carried out by the teacher so that the learning objectives can be achieved.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021