Stilistika
Vol. 10 No. 2 (2022): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni

Peran Sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah 

Rista Trihandayani (Universitas Negeri Jakarta)
Mifthulkahirah Anwar (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Sosiolinguistik mempelajari tentang masalah-masalah sosial dan hubungannya dengan masyarakat. Sosiolinguistik telah menjadi ilmu yang mandiri yang memiliki fokus kajian dalam mempelajari bahasa dan hubungannya masyarakat. Dalam pembelajaran bahasa, sosiolinguistik membantu seorang pengajar atau peserta didik untuk menentukan gambaran keadaan berbahasa di lingkungan sekolah dan variasi bahasa yang muncul di sekolah akibat adanya pola-pola masyarakat dalam penggunaan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran atau kontribusi sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, serta mendeskripsikan adanya variasi berbahasa dalam sekolah yang menjadi pengaruh pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kajian pustaka dari beberapa sumber. Hasil penelitian akan menunjukkan adanya peran sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Sosiolinguistik menjadi kajian yang akan membantu pengajar untuk menentukan pembelajaran Bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama dalam di bagian kaidah kebahasaannya sehingga sosiolinguistik tidak akan terlepas dari pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Kata kunci: sosiolinguistik, pembelajaran Bahasa Indonesia

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

stilistika

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Perkembangan dan dinamika ilmu pengetahuan, termasuk salah satunya ilmu pendidikan bahasa dan seni sangatlah pesat. Perlu sebuah wadah untuk menampung dan menyebarluaskan kemajuan ilmu pendidikan bahasa dan seni secara berkesinambungan agar dapat mengedukasi masyarakat. Civitas akademika FKIP ...