Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 1: Juni 2022

Inovasi Pendekatan Kelompok Kecil dalam Sistem Pembelajaran Anak Bangsawan (PAB) pada SMP N 3 Touluaan Kabupaten Minahasa Tenggara di Masa Pandemi

Deflita R.N Lumi (Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa)
Yehezkiel Situmorang (Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa)
Prayer Legi (Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa)
Michael Fabio Polii (Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan pembelajaran kelompok kecil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di SMP N 3 Touluaan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dari hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa: peserta didik lebih tertarik dengan sistem pembelajaran anak bangsawan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kelompok kecil dibandingkan pembelajaran online. Hal ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar peserta didik. Begitupun dengan pendidik, pendidik bisa lebih memahami sifat dan kepribadian dari peserta didik dan bisa terjalin keakraban antara peserta didik dan pendidik. Dari hasil temuan tersebut maka direkomendasikan untuk lebih mengembangkan lagi sistem pembelajaran anak bangsawan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kelompok kecil, sebagai alternative dalam pembelajaran dimasa pandemi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan adalah jurnal yang ditebitkan PT. Bangun Harapan Bangsa untuk memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian lapangan atau studi literatur dengan ruang lingkup teknologi pendidikan dengan kajian pengembangan kurikulum terutama disain, pengembangan, pemanfaatan berbagai ...