Kurangnya optimalnya pelajaran keterampilan berkomunikasi di SMKN 3 Depok, membuat tim PKM dan mitra sepakat untuk menyelenggarakan pelatihan service excellence kepada pelajar jurusan Otorisasi Perkantoran dengan jumlah 36 peserta. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2022 ini bertujuan (1) memberi wawasan mengenai komponen service excellent yang harus diketahui, dipahami dan dikuasai oleh pada siswa/siswi; (2) secara praktis mewujudkan kemampuan para siswa dalam memberikan pelayanan yang prima (service excellent). Ada empat (4) tahap yang dilalui dalam serangkaian kegiatan pelatihan ini. Pertama, observasi lapangan yang dilakukan dalam rangka menjajagi dan menganalisis kebutuhan mitra (SMKN 3 Depok). Kedua, Training of Trainer dilakukan untuk mempersiapkan kematangan tim PKM sebagai trainer service excellence. Ketiga pelaksanaan pelatihan yang diawali dengan pre-test. Adapun metode pelaksanaan pelatihannnya menggunakan metode direct instruction dan role playing. Tahap keempat adalah evaluasi ketercapaian tujuan program yang dilakukan dengan cara memberikan post-test baik secara materi maupun praktek. Adapun hasil dari pelatihan menunjukkan adanya penambahan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai service excellence secara signifikan. Sedangkan secara keterampilan, perubahan kompetensi berkomunikasi peserta tidak bisa sekaligus langsung meningkat tajam, service excellence tidak hanya dari segi berkomunikasi saja, tetapi juga mencakup aspek sikap, perilaku dan produk atau fasilitas fisik yang menjadi obyek layanannya. Tetapi secara umum tujuan pelatihan tercapai sesuai harapan, dan ke depannya diharapkan terjalin Kerjasama yang berkelanjutan antara Prodi Ilmu Komunikasi Unas dengan SMKN 3 untuk mempersiapkan para pelajar memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal service excellence.
Copyrights © 2023