Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah baik secara parsial maupun secara simultan atau bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 1 Barangka. Metode penelitian yaitu ex post facto. Sampel yang diambil sebanyak 96 dari 126 siswa dengan cara Random sampling. Data kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah dikumpulkan dengan cara memberikan angket sedangkan data hasil belajar matematika siswa berupa nilai Ujian Tengah Semester Metematika Semester Genap Kelas XI tahun pelajaran 2020/2021. Hasil analisis regresi diperoleh kesimpulan kemandirian belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar, fasilitas belajar di rumah mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar, dan kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar.
Copyrights © 2023