Karakter religius adalah karakter yang menunjukkan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. Diwujudkan dalam bentuk kualitas dan kuantitas hubungannya dengan Tuhan, sesama manusia dan juga lingkungan yang sudah teinternalisasi dalam diri. Peran guru sangat penting dalam pembentukan karakter religius peserta didik di sekolah. Karena guru merupakan figur sentral dalam upaya pemebentukan karkater religius peserta didik di sekolah, salah satunya adalah dengan mengawal pembiasaan yang baik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter religius peserta didik di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang melalui metode pembiasaan. Pendekatan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari Penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Dari hasil Penelitian beberapa pembiasaan yang sudah diterapkan di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang adalah pembiasaan senyum, salam, dan salim (3S), pembiasaan membaca doa harian, pembiasaan ibadah, pembiasaan membaca Al Quran dan pembiasaan hidup bersih dan sehat. Adapun faktor pendukung dalam pembentukan karakter religius peserta didik adalah orang tua siswa, seluruh warga sekolah dan sarana dan prasarana yang memadai.
Copyrights © 2022