JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 8, No 1 (2023): JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala (Februari)

Upaya Mengatasi Learning Loss Baca Tulis Pada Anak-Anak Asli Papua

Ubaidillah, A (Unknown)
Maryati, Sulis (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Learning loss merupakan keadaan menurunnya kemampuan akademik peserta didik, dimana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan baik secara umum atau khusus. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya mengatasi learning loss pembelajaran baca tulis anak-anak asli Papua di Rumah Belajar KBLC Jayapura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif menggunakan data sekunder yang diambil dari berbagai sumber, dan lokasi penelitian di Rumah Belajar KBLC Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya mengatasi learning loss pembelajaran baca tulis pada anak-anak asli Papua di Rumah Belajar KBLC Jayapura melalui; 1) Tes diagnosis pada anak-anak asli Papua yang akan mendaftar sebagai peserta didik di Rumah Belajar KBLC Jayapura, tes dilakukan untuk mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuannya masing-masing, 2) Merancang pembelajaran yang bervariasi, setiap guru yang akan mengajar membuat lesson plan sebagai persiapan mengajar dengan berbagai metode variatif, seperti penggunaan metode games dan bermain kartu dengan pengucapan volume tinggi (membuka mulut dan bersuara lantang), hal ini dilakukan agar peserta didik merasa belajar rasa bermain atau bermain sambil belajar, sehingga mereka enjoy dan senang dalam belajar, 3) Menggunakan pendekatan yang baik, seperti penggunaan WhatsApp sebagai media pendukung upaya pendekatan guru kepada peserta didik dalam membangun komunikasi yang baik , dan 4) Evaluasi berkelanjutan. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...