Penggunaan teknologi dalam pembelajaran,membantu mempermudah tugas guru dalam menyampaikan mateti pembelajaran, termasuk dalam keterampilan menulis, yaitu menulis narasi. Keterbatasan kemampuan menulis narasi siswa, disebabkan kurang adanya integrasi antara ide dan kreativitas, sehingga dalam penerapanya pada cerita pendek, terkesan asal-asalan. Aplikasi storybird sendiri adalah aplikasi yng di desain untuk membuat cerita pendek. Penggunaan Aplikasi tersebut oleh guru, akan mempermudah dalam penyampaian materi menulis cerita pendek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membuat cerita pendek teks narasi berbantuan aplikasi storybird pada siswa kelas V SDN 1 Ngrance Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, merupakan data yang berkenaan dengan fakta, keadaan, variabel dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dan menyajikan apa adanya. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN 1 Ngrance. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan rubrik penilaian. Hasil penelitan ini didapatkan bahwa kemampuan siswa dalam membuat cerita pendek teks narasi pada siswa kelas V SDN 1 Ngrance adalah tinggi dengan skor rata-rata 9,67 dengan nilai 80,56. Rata – rata siswa telah mampu membuat cerita pendek teks narasi dengan baik, hanya ada beberapa siswa yang dalam penulisan ceritanya kurang sesuai dengan unsur–unsur teks narasi, namun secara keseluruhan kemampuan siswa baik.
Copyrights © 2023