Terdapat beberapa masalah yang dapat ditemukan dalam proses penyampaian materi matematika di sekolah dasar. Salah satunya adalah adanya masalah yang ditimbulkan karena penggunaan bahan ajar yang kurang inovatif dan hanya mengandalkan buku cetak dari sekolah. Kondisi tersebut menyebabkan peserta didik kurang tertarik dengan buku yang hanya memuat teks dan didampingin dengan ilutrasi yang minim dan warna yang tidak bervariatif. Selain itu juga terdapat masalah dalam belum tercapainya tingkat disposisi matematis peserta didik kelas V SD dalam proses penyampaian materi matematika. Penulis dalam penelitian ini berupaya untuk mengembangkan e-komik yang diharapkan dapat berguna untuk menaikkan tingkat disposisi peserta didik. Selain itu penelitian ini juga merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang terinspirasi dari model pengembangan ADDIE. Uji validasi yang dilakukan oleh pakar media, materi, pendidik, dan bahasa menghasilkan kategori sangat layak dengan persentase nilai 81,99%. Selain itu juga dihasilkan persentase dengan nilai 86,37% yang tergolong dalam kategori sangat menarik dari hasil uji coba one to one, small and large group. Kemudian nilai yang dihasilkan dari effect size mencapai angka 1,16 yang termasuk dalam golongan kategori besar dan tinggi. Dari hasil yang diperoleh dengan dilakukannya penelitian ini, maka penulis dapat mengambil sebuah kesimpulan jika e-komik dengan judul “Asyiknya Belajar Volume Bangun Ruang” dapat dinyatakan telah layak, efektif dan efisien, serta menarik untuk digunakan dalam menaikkan tingkat disposisi matematis peserta didik di tingkat kelas V SD.
Copyrights © 2023