EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Pengaruh Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Terhadap Cara Guru Menegakkan Kedisiplinan di SDN 256 Inpres Sangpolo

Rinaldus Tanduklangi (INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Penegakan kedisiplinan melalui peraturan di sekolah, seringkali sulit dilakukan oleh guru. Konsekuensi yang diberikan bagi setiap anak atau siswa yang melanggar peraturan dan tata tertib sulit ditegakkan. Ada beberapa kasus guru dalam menegakkan disiplin melalui pemberian sanksi dan hukuman bagi siswanya, diperhadapkan pada Undang - undang perlindungan anak dan menjadikan tindakan guru menjadi sesuatu yang menyimpang dan tidak tepat. Akibatnya, beberapa guru mengalami ketakutan dalam  menegakkan kedisiplinan karena memiliki anggapan bahwa mereka akan berhadapan dengan Undang – undang perlindungan anak.  Kajian ini akan menelusuri pengaruh undang – undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak terhadap cara guru menegakkan kedisiplinan di Sekolah. Penelitian dilaksanakan di SDN 256 Inpres Sangpolo Kecamatan Kurra Tana Toraja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan menentukan variabel bebas yang disimbolkan dengan X dan variabel terikat yang disimbolkan dengan Y. Dengan demikian yang menjadi variabel bebas adalah undang – undang perlindungan anak dan variabel terikatnya adalah cara guru menegakkan kedisiplinan. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dengan gradasi jawaban dari sangat tinggi ke rendah. Dari hasil analisis data diperoleh rtabel > rhitung yakni  0.603 lebih besar dari pada 0.285 dan berdasarkan tabel pedoman untuk memberikan interpretasi koefesien korelasi maka 0,603 berada pada interval koefesien 0,60 – 0,799 dengan tingkat pengaruh kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak berpengaruh kuat terhadap cara guru menegakkan kedisiplinan di SDN 256 Inpres Sangpolo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...