Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan aspek yang perlu diasah dalam perkembangan anak usia dini. Pelaksanaan penelitian ini memiliki tujuan yakni mengetahui Pembelajaran Saintifik dalam mengembangkan kemampuan berpikir Kritis serta kecakapan memecahkanamasalah pada anak usia dini. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan concurrent embedded design (memadukan data kualitatif (data primer) dengan data kuantitatif (data sekunder) melibatkan 14 anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian memperlihatkan pada seluruh indikator kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah sebelum pembelajaran saintifik masuk dalam tingkatan belum berkembang dan mulai berkembang. Selanjutnya dilakukan Pembelajaran Saintifik kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah berada dalam tingkatan berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Dengan demikian dapat dikatakan Pembelajaran Saintifik metode yang tepat dalam pengembangan kemampuan berpikir Kritis dan kemampuan Pemecahan masalah pada anak usia dini, diharapkan pembelajaran saintifik menjadi salah satu pembelajaran yang dapat digunakan bagi para pendidik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis pada anak di sekolah
Copyrights © 2023