Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran Fun Thinkers Book ditinjau dari validasi ahli materi, media, bahasa dan praktisi serta angket respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RD) dengan alur model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu: 1) Â Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaikni pedoman wawancara, lembar validasi, angket respon siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 050 Tarakan. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 87,77% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa sebesar 83,33% dengan kategori layak dan ahli praktisi sebesar 86,66% dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil respon siswa pada uji coba terbatas sebesar 88,70% dengan kategori sangat layak dan ujicoba lapangan sebesar 95,01% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, media, bahasa, praktisi serta respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan, maka media pembelajaran Fun Thinkers Book dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2022