Pengilmuan Islam lahir dari keprihatinan terhadap ilmu modern Barat yang melenceng dari semangat Renaissans yang pada mulanya bertujuan memanusiakan manusia, malah yang terjadi dehumanisasi dan sekularisasi. Pengilmuan Islam juga bermaksud merespons gagasan Islamisasi ilmu, yang dipandang sebagai sebuah tekstualisasi, yakni menjadikan ilmu-ilmu Barat selaras dengan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Mengetahi biografi Ismail Raji Al Faruqi sebegai cendekiawan Muslim; 2). Mengetahui Islamisasi Ilmu Ismail Raji al-Faruqi; 3). Mengtahui Pemikiran Kurikulum Pendidikan Islam Ismail Raji Al-Faruqi. Islam Ismail Raji Al-Faruqi (1921 – 1986 M), dilahirkan di Jaffa, sebuah kota di tepi pantai palestina (sekarang menjadi wilayah Israel). Al-Faruqi di lahirkan tanggal 1 Januari 1921 dari keluarga terpandang dan memegang teguh ajaran Islam, Al-Faruqi di besarkan di palestina dan mewarisi karakter kuat tradisi Arab Palestina yang gigih memperjuangkan bangsanya untuk membebaskan dari pendudukan Israel. Sehingga batinnya terikat kuat dengan Palestina dan mengalami sendiri tragedi yang dirasakan masyarakat Palestina. Al-Farruqi, pernah menjadi gubernur di Palestina, dia juga menjadi visiting Profesor diberbagai negara, al-Faruqi pernah berpendidikan berbagai negara, diantaranya: Palestina sendiri, Amerika, Kanada, Mesir al-Faraqi terbunuh dirumahnya bersama Istrinya Louis Lamya dan dua anaknya ditahun 1986 dibulan ramadhan. Islamisasi merupakan solusi yang dilakukan al-Faruqi untuk mengubah sistem pendidikan yang sesuai dengan cita-cita Islam yang telah lama ditinggalkan oleh umat Islam dan sistem dan sistem pendidikan yang diadopsi umat Islam dari Barat merupakan sistem pendidikan yang membahayakan uamat Islam dengn memisahkan wahyu dengan akal. Konsep kurikulum Islam yang diinginkan Al-Faruqi adalah kurikulum yang mengembangkan sistem tradisional (Islam) dan sistem moderen (Barat) dengan menyesuaikan visi Islam. Al-Faruqi bertujuan untuk memadukan kedua sistem Islam dan sistem Barat dan menghilangkan kekurangan yang dimiliki kedua sistem
Copyrights © 2022