Arus perkembangan teknologi dan pengetahuan menjadikan adanya perubahan pada nilai-nilai tatanan sosial dan budaya pada masyarakat. Pola hidup masyarakat saat ini menjadisangat hedonis, materialis, dan individualis. Pendidikan merupakan bagian pokok dalammempengaruhi nilai tatanan sosial dan budaya pada masyarakat khususnya dalam hal iniadalah peserta didik. Tujuan pendidikan nasional berdasarkan nilai-nilai Islam adalahpeningkatan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dapat dibina melalui pendidikanagama yang intensif dan efektif. Sehingga penguatan nilai-nilai tauhid dapat menjadilandasan kehidupan dan berimplikasi pada pribadi peserta didik yang mampu menjadipengendali, penyeleksi dan penyaring segala unsur kemajuan kultural yang berkembangsaat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kajian Islam sebagai usaha dalammeningkatkan akhlak peserta didi di SDIT Ar Rahmah Yosowilangun. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan datadilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitianadanya kajian Islam di SDIT Ar Rahmah Yosowilangun, tingkat kesadaran siswa akanpentingnya menjalankan Islam secara kaffah, kedisplinan dan tanggung jawab, moral dantingkah laku kepada guru dan teman-temannya mengalami peningkatan dan memilikidampak terhadap pengembangan diri (akhlak)
Copyrights © 2024