Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 1 (2023): Maret 2023

Media Pembelajaran Interakti Berbasis Kuis Bermuatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Sitanggang, Riccy Riandi (Unknown)
Tegeh, I Made (Unknown)
Simamora, Alexander Hamonangan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2023

Abstract

Pembelajaran online menimbulkan terendah hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas 6 SD dan terlihat kurangnya karakter siswa saat melakukan proses belajar daring. Guru juga harus berulang kali menjelaskan dengan terperinci menggunakan bahasa daerah dan bahasa Indonesia agar siswa lebih cepat memahami pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis kuis bermuatan pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data kajian menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil kajian dari uji ahli menunjukkan ahli materi pembelajaran dengan kelayakan sangat baik (94.00%), ahli desain pembelajaran dengan kelayakan baik (78.00%), ahli media pembelajaran dengan kelayakan baik (88.00%), uji coba perorangan dengan kelayakan sangat baik (97.14%), dan uji kelompok kecil dengan kelayakan sangat baik (97.14%). Secara umumnya, hasil kajian menunjukkan media interaktif berbasis kuis layak dan valid digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi media ini diharapkan agar dapat digunakan secara optimum dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi pelajar dan memudahkan pemahaman terhadap bahan pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...