Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Perbedaan Penerimaan Diri Terhadap Perilaku Belajar Antara Mahasiswa Pria dan Wanita di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Chaterina Yeni Susilaningsih (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)
Dwi Sri Rahayu (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2023

Abstract

Banyak permasalahan muncul yang berhubungan dengan penerimaan diri. Mahasiswa sebagai figur yang sangat diharapkan sering kali memiliki masalah dalam penerimaan diri, baik yang berhubungan dengan factor yang berasal dari dalam dirinya dan luar dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerimaan diri terhadap perilaku belajar ditinjau dari jenis kelamin di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun, dan ditetapkan semua anggota populasi ditugaskan menjadi anggota sampel penelitian sejumlah 40 orang mahasiswa, yang terdiri dari 20 orang mahasiswa pria, dan 20 orang mahasiswa wanita. Penetapan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data sesuai dengan tujuan penelitian dengan menggunakan teknik angket (langsung, tertutup) dengan skala pengukuran penerimaan diri menggunakan skala Likert. Teknik analisis menggunakan menggunakan statistik, dimana untuk membuktikan hipotesis diterima atau ditolak dengan menggunakan Analisis Regresi dan Uji Anova 2 Arah dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,648 > 0,05, sehingga dapat dinyatakan Nilai Sig > 0,05, atau F hitung < F tabel berarti Ha ditolak artinya tidak ada perbedaan pengaruh penerimaan diri terhadap perilaku belajar antara mahasiswa pria dan mahasiswa wanita.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...