Program bauran pemasaran jasa mempunyai peranan yang sangat penting sebagai bagian dari strategi dan kebijakan layanan kesehatan untuk mewujudkan kepuasan pasien yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan loyalitas. Peningkatan mutu pelayanan terutama pengelolaan complain (keluhan) dari pasien sangat diperlukan. Sampai sekarang masih terdapat beberapa keluhan (ketidakpuasan) dari pasien serta keluarga yang diterima oleh pihak rumah sakit baik secara langsung maupun tidak langsung. Metodologi penelitian menggunakan kuantitatif potong lintang (cross sectional). Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner kepada 132 orang pasien yang berobat di poli penyakit dalam RS Misi Lebak dimana proses pengambilan data dilakukan dalam waktu bersamaan. Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pasien dengan mutu layanan sebagai variabel intervening, bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pasien, bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap mutu layanan, loyalitas pasien berpengaruh secara signifikan terhadap mutu layanan. Implikasi praktis, manajemen RS dapat melakukan perencanaan kombinasi pemasaran yang menekankan pada nilai-nilai subudaya dan kelas sosial masyarakat agar diterima dalam kebudayaan konsumen dan mendalami motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap dari konsumen agar terbentuk loyalitas dari pelanggan di RS Misi Lebak.
Copyrights © 2022