Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca siswa kelas V SDN Karyasari 1 yang sangat rendah, sehingga peneliti menyupayakan perbaikan menggunakan metode SQ4R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Karyasari 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan siswa dalam membaca pemahaman dengan menggunakan metode SQ4R. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang setiap siklusnya menggunakan langkah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes dan observasi. Tes bertujuan untuk menguji peningkatan siswa dalam belajar membaca pemahaman sedangkan observasi untuk melihat kegiatan dalam kelas. Analisis data yang dilakukan menggunakan statistika deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk rerata siswa pada kegiatan prasiklus adalah 65,1 dengan persentase ketuntasan 42%, pada siklus I yaitu 70 dengan persentase ketuntasan 57% kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rerata nilai siswa meningkat menjadi 79,8 dan persentase ketuntasan siswa adalah 86%. Dengan demikian penggunaan metode SQ4R dapat digunakan dalam penelitian untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Karyasari 1 Rengasdengklok Karawang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022