Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Pendidikan dan Pelatihan Aparatur

Sobana (Widyaiswara Muda Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk megetahui bagaimana pengaruh atau dampak Pandemi Covid-19 ini terhadap porses pembelajaran pendidikan dan latihan bagi peserta  Aparatur Sipil Negara. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Responden yang di butuhkan dalam penelitian ini adalah peserta didik dalam hal ini aparatur sipil negara dan  widiyaiswara sebagai pendidik dilingkungan pendidikan dan latihan Tekfunghan Kemhan. Hasil penelitian menunjukkan setelah adanya penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran pendemi covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan peserta diklat aparatur, tidak terkecuali di Indonesia. Gangguan dalam proses belajar langsung antara peserta diklat aparatur dan Widyaiswara dan pembatalan penilaian belajar berdampak pada psikologis peserta diklat aparatur dan menurunnya kualitas keterampilan peserta diklat aparatur. Beban itu merupakan tanggung jawab semua elemen pendidikan dan pelatihan aparatur khususnya negara dalam memfasilitasi kelangsungan lembaga diklat aparatur bagi semua steakholders pendidikan dan pelatihan aparatur guna melakukan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana mestinya Indonesia merencanakan, mempersiapkan, dan mengatasi pemulihan covid 19, untuk menekan kerugian dunia pendidikan aparatur di masa mendatang

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...