Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 1 No. 04 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Penanaman Kedisiplinan Melalui Program Kegiatan Ketahanan Sekolah di SMK Negeri 1 Unaaha Kabupaten Konawe

Abd. Manan (SMK Negeri 1 Unaaha, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui disiplin dan sikap siswa SMK Negeri 1 Unaaha, (2) mengetahui pelatihan disiplin melalui program Ketahanan Sekolah SMK Negeri 1 Unaaha, (3) mengetahui dukungan dan pelaksanaan program Ketahanan Sekolah pada bidang-bidang berikut Inhibitor SMK Negeri 1 Unaaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Fokus penelitian ini adalah pada disiplin dan sikap siswa SMK Negeri 1 Unaaha, melalui program “Ketahanan Sekolah” SMK Negeri 1 Unaaha untuk menumbuhkan disiplin, dan faktor-faktor yang mendukung dan melarang rencana tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMK Negeri 1 Unaaha memiliki disiplin yang baik. Penanaman disiplin dilakukan di SMK Negeri 1 Unaaha melalui program "School Resilience", meliputi kegiatan: pengaturan kawat, senam, sosialisasi bahaya narkoba, kesehatan reproduksi, hukum lalu lintas, undang-undang ketenagakerjaan, motivasi dan kepemimpinan, kebijakan sekolah, dan komunikasi alumni Pengetahuan dan pengalaman, dan pemahaman mendalam tentang kebangsaan dan pertahanan negara. Kegiatan perencanaan penanggulangan bencana sekolah mendapat dukungan dari sekolah, antara lain pendanaan, infrastruktur, partisipasi kepala sekolah dan guru, serta dukungan pihak luar seperti POLRI, KODIM, dokter dinas kesehatan, alumni dan orang tua siswa. Penulis dapat menyimpulkan bahwa kedisiplinan dan sikap siswa SMK Negeri 1 Unaaha telah menunjukkan hasil yang baik, Pelatihan kedisiplinan yang dilakukan melalui program kegiatan “Ketahanan Sekolah” berjalan dengan lancar, dan telah mencapai tujuan diadakannya program “Ketahanan Sekolah”. '' Tujuan dari rencana kegiatan, dan implementasi rencana kegiatan didukung. Dari semua pihak di dalam dan di luar sekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...