Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 03 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Individual di SMPN 9 Depok

Salim Bangun (SMP Negeri 9 Depok)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Sebagai tenaga profesional, guru perlu memiliki kemampuan khusus, yang tidak mungkin dilakukan oleh mereka yang bukan guru. Tujuan penelitian ini untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mencapai tujuan pembelajaran  yang  direncanakan  bagi  murid-muridnya melalui Supervisi Akademik. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan pada bulan Juli 2020 sampai dengan Desember 2020. Subjek penelitiannya yaitu  guru SMP Negeri 9. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi  dan wawancara dengan menggunakan formulir  wawancara, RPP, pengamatan pembelajaran dan penelitian administrasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu nilai rata-rata evaluasi kinerja guru dari pra siklus ke siklus 1 meningkat 8 poin, dan evaluasi guru dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 11 poin Hal ini dapat dilihat jumlah guru yang masuk kategori “baik” pada pra siklus adalah dari 0% menjadi 40% pada siklus 1 dan 2. Pada saat yang sama, jumlah guru di kategori pra-siklus "sangat baik" adalah 0%, meningkat menjadi 40% dalam siklus

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...