Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 06 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz pada Mata Pelajaran Matematika

Asna Tiana (Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta)
Apri Damai Sagita Krissandi (Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta)
Marciana Sarwi (Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan media game Quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Matematika. Materi pecahan menjadi fokus dalam penelitian ini yang dipelajari peserta didik kelas III di SD Kanisius Kintelan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi pada proses pembelajaran dibahas sebagai data kualitatif sedangkan hasil tes siswa dibahas sebagai data kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas III SD Kanisius Kintelan pada mata pelajaran Matematika materi pecahan. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media game Quizizz mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi pecahan siswa kelas III SD Kanisius Kintelan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...