Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 07 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam: Definisi, Fungsi, dan Faktor yang Mempengaruhinya

Alifahtul Mahdiya (Universitas Muhammadiyah Malang)
Ulviana Nurwachidah (Universitas Muhammadiyah Malang)
Muhammad Hanist (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Latar Belakang: Kepemimpinan merupakan fenomena yang unik dan kompleks. Dalam interaksi sosial, setiap orang akan menunjukkan perilaku kepemimpinan ketika berinteraksi dalam format yang mempengaruhi orang lain. Tujuan: Untuk menggali lebih dalam tentang kepemimpinan dan menyelesaikan tugasnya. Metode: Menggunakan Library Research (Kepustakaan), dengan teknik mengumpulkan sumber daya seperti bahan bacaan tentang kepemimpinan Hasil: Kepemimpinan adalah upaya sadar yang dipimpin oleh seorang (pemimpin) dalam proses pengaruh motivasi dan memprovokasi individu atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu secara sukarela sehingga mengarah pada tujuan yang telah ditentukan. Kesimpulan: Kepemimpinan pendidikan sebagai salah satu kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinasikan dan memobilisasi orang lain yang berkaitan dengan pengembangan ilmu pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, sehingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan dapat dilaksanakan. Selain itu bisa lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...