Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 12 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Daring pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Negeri 7 Tanimbar Selatan

Novita Lorentina Nanlohy (a:1:{s:5:"en_US"
s:45:"Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika"
})

Samuel Urath (Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki)
Lendy Florien Mailuhuw (Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki)
Elisabet Lerebulan (Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Latar Belakang: Pandemi COVID-19 memberhentikan seluruh mobilitas manusia, termasuk pendidikan. Sekolah diliburkan dan diberlakukan pembelajaran secara daring untuk mencegah penularan virus COVID-19. Pembelajaran daring merupakan suatu hal yang baru bagi guru dan siswa di SMP Negeri 7 Tanimbar Selatan. Penelitian ini ingin meneliti bagaimana proses pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring, apakah dapat diikuti oleh guru dan siswa ataukah justru tidak efektif dalam menunjang proses pembelajaran. Tujuan: Untuk mengevaluasi pembelajaran matematika berbasis daring dalam masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 7 Tanimbar Selatan. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode data yang diambil yaitu membuat data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil: Evaluasi pembelajaran daring di SMP Negeri 7 Tanimbar Selatan berjalan tidak efektif dikarenakan berbagai kendala atau penyebab yang membuat siswa tidak semangat dalam proses pembelajaran seperti jaringan internet yang kurang mendukung, sebagian siswa yang tidak memiliki HP android, penyampaian materi dengan metode ceramah. Hal ini mengakibatkan sehingga pemahaman materi yang dimiliki siswa melalui belajar daring tidak tersampaikan dengan baik, serta siswa tidak merasakan manfaat dari akses pembelajaran daring. Kesimpulan: Pembelajaran matematika berbasis daring yang dilakukan pada masa pandemic COVID-19 di SMP Negeri 7 Tanimbar Selatan tidak efektif karena berbagai kendala sehingga siswa tidak dapat dapat memahami materi dan mendapat manfaat dari pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...