Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 12 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Frasa Berdasarkan Kategori Kelas Kata pada Cerpen “Rindu Yang Terlalu” Karya Arswendo Atmowiloto

Irwan Siagian (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Abelia Aisyah (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Evie Mudawanah (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Nur Ayu Widya Saraswati (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Siti Rosihoh (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)
Zuraidah Zuraidah (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Latar Belakang: Sebagai salah satu cabang ilmu linguistik, sintaksis menjadi bagian media penyampaian bahasa secara keseluruhan bentuk kata dan kalimat bahasa. Tentunya sintaksis memiliki sistem yang kompleks mengenai tata kata dan kalimat dengan segala permasalahannya. Salah satu yang menjadi sorotan peneliti adalah mengenai persoalan jenis penggunaan frasa dalam karya sastra Tujuan: Untuk mengidentifikasi penggunaan jenis frasa dalam sebuah karya sastra Metode: Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik catat. Data yang terdapat pada cerpen ditemukan dicatat untuk selanjutnya dilakukan proses analisis data. Hasil: Menemukan penggunaan frasa nomina sebanyak 7 temuan dengan persentase 23%, penggunaan frasa verba sebanyak 6 temuan dengan persentase 20%, penggunaan frasa adjektiva sebanyak 4 temuan dengan persentase 13%, penggunaan frasa numeralia sebanyak 5 temuan dengan persentase 17%, penggunaan frasa adverbia sebanyak 3 temuan dengan persentase 10%, dan penggunaan frasa preposisi sebanyak 5 temuan dengan persentase 17%. Kesimpulan: Berdasarkan persamaan distribusi dengan golongan atau kategori kata, frase dapat digolongkan menjadi enam golongan, yaitu frase nomina, frase verba, frase adjektiva, frase numeralia, frase adverbia, dan frase preposisi. Dengan adanya hasil analisis ini, penulis mengharapkan kepada para pembaca setelah membaca, mempelajari serta memahami ihwal seluruh isi analisis ini dan menerapkan dalam konteks berbahasa yang baik dan benar. Selain itu, penulis juga mengharapkan agar para peneliti lain dapat mengembangkan penelitian lanjutan mengenai frasa menjadi lebih baik lagi, agar hasil analisis lebih intensif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...