Latar Belakang: Pada masa pandemi Covid-19 ini tidak mendukung pembelajaran secara offline, sehingga guru harus berinovasi agar lebih mudah memberikan materi ajar dan tugas kepada peserta didik tanpa adanya tatap muka. Salah satunya menggunakan e-LKPD live worksheet sebagai media pembelajaran dan evaluasi yang dapat diakses secara online kapan saja dan dimana saja. Tujuan: Mendeskripsikan (1) pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet pada konsep protista terhadap hasil belajar kognitif produk (2) pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet pada konsep protista terhadap hasil belajar kognitif proses. Metode: Menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain The Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah X MIPA 3 dan 4 yang masing-masing berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data untuk hasil belajar kognitif menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil: Menunjukkan (1) terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet terhadap hasil belajar kognitif produk peserta didik (sig. 0,045), (2) terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet terhadap hasil belajar kognitif proses peserta didik (sig. 0,038). Kesimpulan: Penggunaan e-LKPD memberikan kemudahan bagi guru karena dapat menampilkan materi ajar dan tugas dalam bentuk gambar serta video, dapat menghemat waktu dan biaya. Kemudian penggunaan e-LKPD ini memudahkan peserta didik untuk mengerjakan tugas secara daring kapan saja dan dimana saja selama terkoneksi dengan jaringan internet. Diharapkan dari hasil penelitian tentang penggunaan e-LKPD dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif produk dan proses peserta didik.
Copyrights © 2022