Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Motivasi Belajar Bahasa Jepang untuk Mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang di Universitas Diponegoro Saat Pandemi COVID-19

Fitri Alfarisy (Universitas Diponegoro Semarang)
Raisatul Zakiyah T (Universitas Diponegoro Semarang)
Suci Rahmawati (Universitas Diponegoro Semarang)
Nadytha Marsela (Universitas Diponegoro Semarang)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2022

Abstract

Latar Belakang: Prestasi belajar bahasa Jepang pada saat pandemi COVID-19 dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor yang perlu diperhatikan dengan kaitan proses belajar mengajar diantara lain adalah motivasi belajar dan metode pembelajaran Tujuan: Untuk dapat mengetahui pengaruh metode pembelajaran dengan motivasi belajar maka diperlukan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah melalui wawancara Hasil: Motivasi belajar bahasa Jepang di SMK Universitas Diponegoro. Dalam hal ini motivasi sangat dibutuhkan untuk memotivasi siswa untuk belajar karena motivasi merupakan aspek penting keberhasilan siswa. Tentunya berdasarkan keberhasilan siswa, sebelum menerima hambatan dan tantangan belajar di masa pandemi. Kendala tersebut datang dari berbagai bentuk, seperti kendala jaringan, maupun kendala dari kondisi keluarga siswa. Sementara itu, kendala yang ditimbulkan oleh siswa sendiri adalah kurangnya kesadaran untuk mengikuti pembelajaran online. Kesimpulan: Penelitian pendahuluan yang akan berfokus pada bagaimana motivasi belajar bahasa Jepang mahasiswa Program Studi konsentrasi bahasa Jepang di Universitas Diponegoro.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...