Jurnal Skripta
Vol 7 No 2 (2021): SKRIPTA NOVEMBER 2021

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CAMTASIA STUDIO PADA KETERAMPILAN MENULIS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA

Giovani, Desi Natalia Asa (Unknown)
Wahyuni, Primasari (Unknown)
Jamilah, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan Camtasia Studio sebagai media pembelajaran keterampilan menulis teks iklan; 2) mengetahui kualitas media Camtasia Studio berdasarkan penilaian ahli; 3) mengetahui daya tarik siswa terhadap media Camtasia Studio yang dikembangkan; dan 4) mengetahui efektivitas media Camtasia Studio sebagai media pembelajaran menulis teks iklan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 12 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian uji coba terbatas dengan siswa kelas VIII sebanyak 6 siswa. Adapun prosedur pengembangan melalui tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa, lembar validasi ahli media, ahli materi, pre- test, dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media Camtasia Studio sebagai media pembelajaran keterampilan menulis teks iklan siswa SMP Negeri 12 Yogyakarta 2) kualitas media Camtasia Studio sebagai media pembelajaran menulis teks iklan dikatakan valid. Berdasarkan penilaian ahli media mendapat skor 80 dengan kriteria sangat baik, penilaian ahli materi mendapat skor 72 dengan kriteria sangat baik; 3) daya tarik siswa dengan nilai 58 dengan nilai persentase 96,6% pada kriteria sangat baik; 4) hasil tes siswa efektif dengan hasil menunjukan rata-rata yang berbeda dan signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

skripta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

SKRIPTA: JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA diterbitkan pertama kali pada bulan Mei 2015 dengan P-ISSN 2443-3705 dan E-ISSN 2745-9705 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal ini dikelola dengan menggunakan open journal system (OJS) ...