Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui motivasi belajar siswa 2) Mengetahui peran guru pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. 3.) Mengetahui hambatan guru dalam mata pelajaran IPS dalam memberikan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan survey dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Maka diperoleh hasil penelitian: 1) Motivasi pada mata pelajaran IPS di SDN 1 Nunggi kelas V masih rendah. a) Hal ini dapat diketahui pada awal jam pelajaran yang mana siswa masih ada yang keluar kelas, ini jelas memakan waktu banyak bagi guru, serta ketidak siapan siswa saat mengikuti pelajaran. b) Pada waktu guru menjelaskan materi di depan kelas siswa-siswi hanya sedikit memperhatikan, mayoritas masih ramai, ada yang berbicara sama teman sebangku, ada yang usil kepada temannya ada pula siswa yang ribut dalam kelas. 2) Peran guru dalam mata pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar ada beberapa cara diantaranya a) membangkitkan dorongan kepada peserta didik untuk belajar b) penggunaan metode dan media yang menarik dalam pembelajaran. Penggunaan cara ini sangat mempengaruhi dalam menarik minat belajar siswa, sehingga siswa termotivasi dalam pembelajaran. c) menciptakan gaya mengajar yang menyenangkan atau lucu, ini dapat juga menimbulkan semangat belajar. d) pemberian pujiaan atau hadiah juga dapat memancing siswa untuk termotivasi dalam belajar. 3) Hambatan-hamabatan Guru dalam meningkatkan motivasi. Hambatan-hambatan yang di peroleh adalah a) terbatasannya sarana prasarana sehingga masih banyak menggunakan pembelajaran manual atau sekedar diskusi tanya jawab dan ceramah, dan juga hambatan yang paling berpengaruh adalah b) hubungan guru dan siswanya c) hubungan siswa dengan teman sebaya dan d) hubungan siswa dengan lingkungan keluarga dan masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022