Pencitraan sebuah merek adalah suatu hal sangat penting bagi perusahaan jasa, begitu juga denganhotel sebagai perusahaan jasa, Hotel Sahid Jaya Solo sebagai perusahaan jasa melakukan aktifitaspromosi untuk dapat membangun pencitraan yang baik. Namun pertumbuhan kompetitorberdampak kepada pertumbuhan inovasi dan kreatifitas dalam menciptakan strategi promosi.Sehingga stategi marketing communications mix sangatlah diperlukan dalam membangun brandimage produk dan mendapatkan brand position yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkajiperan strategi marketing communications mix yang diterapkan oleh Hotel Sahid Jaya Solo dalammembangun brand image produk. Penelitian dilakukan dengan pendekatan studi kasus selama tigabulan serta penyebaran kuisioner yang diolah menggunakan software pengolah data statistik SPSS20. Hasil penelitian kuesioener dinyatakan valid dengan nilai r hitung> r tabel 0,2638. Hasil ujireliabilitasCronbach Alpha sebesar 0,906 yang artinya sangat reliabel atau dapat dipercaya. Hasiluji normalitas dengan Skewness-Kurtosis dinyatakan bahwa semua variabel berdistribusi normal.Uji homogenitas semua variable dinyatakan homogen dengan nilai Sig>0,05. Uji korelasi parsialmenunjukkan hanya empat variabel yang memiliki nilai Sig. < 0,05 yaitu Sales promotion, publicrelations, direct marketing dan word of mouth. Uji regresi liner ganda didapat nilai R2 sebesar0,624 artinya hubungan antara variabel X dan Y adalah kuat. Diperoleh kesimpulan bahwa HotelSahid Jaya Solo menerapkan strategi marketing communications mix yaitu strategi melaluiadvertising, sales promotion, public relations, personal selling, direct marketing dan word ofmouth. Dan hanya terdapat empat variable yang memiliki korelasi dalam memberikan dampakyang signifikan dalam membangun brand image produk.
Copyrights © 2012