Al-Irsyad Journal of Physics Education
Vol 1 No 1 (2022): Januari 2022

Pengaruh Pemanfaatan Media Microsoft PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Fisika

Ihfa Indira Nurnaifah (STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Pinrang)
Abdul Razzaq (STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Pinrang)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2022

Abstract

Tujuan studi ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran pemanfaatan media Microsoft Powerpoint pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Pinrang, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar fisika pada siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media Microsoft Powerpoint terhadap hasil belajar fisika siswa. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif korelasional dengan pendekatan expost facto dan survey. Metode asosiatif korelasional merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya suatu hubungan antara dua variabel atau lebih serta mengetahui seberapa eratnya hubungan dan berarti atau tidak hubungan itu, dimana dalam metode asosiatif ini peneliti menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 16+16= 32 siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Pinrang. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif, analisis validitas dan reliabilitas, analisis korelasi, dan analisis regresi sederhana. Hasil studi menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media Microsoft PowerPoint terhadap Hasil belajar fisika pada Ujian Tengah Semester pada siswa Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Pinrang tahun Ajaran 2020/2021. Hasil uji statistic koefisien korelasi dapat dilihat pada kolom sig dan menghasilkan nilai P=0,000, jadi pada Alpha 5% menolak H0 berarti hasil angket PowerPoint mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan uji t= nilai thitung (54.60) > ttable (2.042) berarti disrtibusi angket PowerPoint mempengaruhi hasil belajar. Maka hasil ujian tengah semester siswa berbanding lurus dengan pengoptimalan penerapan PowerPoint.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan Fisika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...