Al-Irsyad Journal of Physics Education
Vol 1 No 1 (2022): Januari 2022

Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Fisika

Sri Anggriani (STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Pinrang)
Jumrah Jumrah (STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Pinrang)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kedisiplinan terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MAN Pinrang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif korelasional dengan pendekatan expost facto dan survey. Metode asosiatif korelasional merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya suatu hubungan antara dua variabel atau lebih serta mengetahui seberapa eratnya hubungan dan berarti atau tidak hubungan itu, dimana dalam metode asosiatif ini peneliti menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kuantitatif. Penentuan teknik pengambilan sampel digunakan teknik random sampling sebanyak 18 siswa atau sebagian siswa dari beberapa kelas X MAN Pinrang. Teknik analisis data yang digunakan yakni; analisis deskriptif, analisis validitas dan reliabilitas, analisis korelasi, analisis regresi sederhana dan analisis determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi dan kedisiplinan terhadap Hasil belajar fisika pada Ujian Tengah Semester pada Siswa Kelas XI MAN Pinrang tahun Ajaran 2020/2021. Pengujian dalam tabel ANOVAa pada koefisien regresi secara bersama-sama dapat dilihat pada nilai Fhitung sebesar 3814,054 dengan nilai Ftabel adalah 3,63 sehingga nilai Fhitung > Ftabel atau 3814,054 > 3,63 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa variabel motivasi (X1) dan kedisiplinan (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y) di Kelas XI MAN Pinrang. Oleh karena itu, hasil ujian tengah semester siswa berbanding lurus dengan pengoptimalan motivasi dan kedisiplinan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan Fisika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...