Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran baca al-Qur’an melalui metode al-Barqy. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penelitian ini berupaya mencari fakta dengan interpretasi aktual terhadap data yang ditemukan, sifatnya deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan pedagogis dan pendekatan psikologis. Adapun sumber data penelitian diperoleh langsung dari para guru dan murid. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran baca al-Qur’an melalui metode al-Barqy melalui 6 tahapan yaitu: 1) Menyiapkan alat-alat mengajar. 2) Mengatur murid. 3) Membaca Doa Pembuka. 4) Membelajarkan murid dengan Teknik Klasikal. 5) Membelajarkan murid menggunakan buku metode al-Barqy dengan teknik Baca Simak. 6) Membaca doa penutup. Adapun kendala-kendala dalam mengimplementasikan metode al-Barqy dalam pembelajaran baca al-Qur’an adalah adanya peserta didik yang memiliki kecerdasan yang masih dibawah rata-rata, terlambatnya persediaan buku al-Barqy dan terbatasnya tenaga pendidik yang mampu mengajarkan metode al-Barqy.
Copyrights © 2022