Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Vol 3, No 2 (2023)

Akibat Penggunaan Metode Baghdadiyah terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa di MTS Al Washliyah 05 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan

Cahaya, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Metode baghdadiyah merupakan metode belajar Alquran yang telah lama berkembang di Indonesia. Metode yang dikenal dengan istilah Juz Amma ini juga digunakan secara luas, paling tidak dalam wilayah Asia Tenggara. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan Metode Baghdadiyah Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa di MTs Al Washliyah 05 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis eksperimen, subjek penelitian yang dikenai adalah siswa MTs Al Washliyah 05 Kecamatan Medan Belawan yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian diperoleh Hasil nilai dari korelasi product moment adalah rxy = 0,602 yang berarti bahwa ada korelasi cukup tinggi dan Hipotesis Alternatif (Ha): ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Baghdadiyah terhadap kemampuan membaca Al-Quran di MTs Alwashliyah diterima. Persentase kenaikan nilai adalah 77,33% sehingga dapat dikatakan dalam kategori baik. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Baghdadiyah terhadap kemampuan membaca Al-Quran di MTs Alwashliyah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jimpai

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di Fakultas Agama Islam. JIMPAI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil ...