Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan resiliensi akademik siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Pati antara sebelum dan sesudah diterapkan suatu layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Role Playing. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA yang mana sebanyak 72 siswa sebagai responden Ui Sampel (Try Out) dan 10 siswa sebagai sampel yang akan diteliti. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket skala Resiliensi Akademik. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif Eksperimen dengan jenis One Group Pre-Test-Post-Test Design yang mana sampelnya akan diambil melalui teknik Cluster Random Sampling. Hasil menunjukan nilai rata Pre-Test sebesar 79,2 dalam kategori rendah dengan jumlah 10 % siswa dalam kategori sangat rendah dan 90% siswa dalam kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan treatment, hasil menunjukkan rata-rata hasil Post-Test sebesar 114,9 yang masuk dalam kategori tinggi yang memiliki memiliki selisih 35,7 dengan 60% siswa dalam kategori sangat tinggi dan 40% siswa dalam kategori tinggi.
Copyrights © 2023