Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks pantun siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif TPS dan model pembelajaran konvensional, mendeskripsikan keterampilan menulis teks pantun siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran think pair share bermotivasi tinggi, dan siswa diajar menggunakan Metode pembelajaran konvensional adalah pembelajaran bermotivasi tinggi tinggi pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dan mendeskripsikan interaksi antara model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan motivasi belajar keterampilan menulis teks pantun kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan faktorial 2x2 eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Berdasarkan penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif Think Pair Share berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks puisi. Keterampilan menulis teks pantun siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair share bermotivasi tinggi lebih baik daripada keterampilan menulis teks puisi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional yang bermotivasi tinggi. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan motivasi belajar pada teks pantun mempengaruhi keterampilan menulis.
Copyrights © 2017