Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini

Arlis Herdiyanti (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Suparno Suparno (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Keterampilan berbicara anak usia dini perlu dilatih untuk mengemukakan ide dan pikirannya agar dapat terlatih dengan baik. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui terdapat pengaruh contextual teaching and learning terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun yang dilakukan agar guru mendapatkan gambaran tentang model-model pembelajaran dimana baik dan tepat dalam mengoptimalkan aspek kterampilan berbicara pada anak usia TK Kelompok B. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dengan subjek penelitian adalah (n=37) kelompok TK-B. Teknik analisis data ialah analisis deskriptif dengan paired sample t-test untuk menguji suatu perbedaan pretest dan posttest menggunakan model pembelajaran CTL Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh contextual teaching and learning terhadap keterampilan berbicara anak pada aspek pengucapan, pengembangan kosa kata dan pembentukan kalimat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...