Kurikulum merupakan hal yang penting dalam setiap satuan pendidikan. Sebagaimana dalam judul “Integrasi Pendidikan Akhlak Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan”. Penelitian ini bertujuan agar kita dapat mengetahui kesesuaian kurikulum 2013 yang berbasis karakter ini dalam proses menyatukan pendidikan akhlak yang ada disekolah tersebut. Selanjutnya dalam pembahasan ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, diantaranya melalui observasi langsung kesekolah, melakukan wawancara kepada narasumber dan melalui dokumentasi sebagai data pendukung yang dapat digunakan oleh peneliti. Dalam hal yang menjadi pembahasan peneliti, bahwa integrasi merupakan hal yang menghubungkan, mengkaitkan, menyatukan suatu hal dengan objek tertentu. Dengan demikian integrasi pendidikan akhlak dalam menerapkan kurikulum 2013 merupakan hal yang harus ada dan lazim dalam dunia pendidikan. Karena pada dasarnya setiap pembelajaran tentu saja sangat berkaitan dengan pendidikan akhlak. Adapun mata pelajaran yang diterapkan pada madrasah ini berjumlah 21 yang akan menjadi ilmu untuk siswa/siswi MAS Miftahussalam Medan tersebut. Pendidikan memiliki tujuan untuk menjadikan insan yang memiliki kepribadian yang baik. Sasaran yang dituju adalah Madrasah Aliyah, dimana seperti yang kita ketahui bahwa madrasah memiliki kekhususan yang kurikulumnya terdapat pelajaran-pelajaran tentang keIslaman. Maka demikian kurikulum 2013 sudah diterapkan dengan baik disekolah ini. Sebagaimana dalam tujuan pendidikan pada Madrasah Aliyah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan yang luas, kepribadian yang baik, memiliki akhlakul karimah yang mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Copyrights © 2023